Basarnas Sulsel Ingatkan Warga Waspada Badai Siklon 94W

BMKG telah memberikan peringatan kepada 30 daerah tentang potensi badai siklon tropis 94W.

Basarnas Sulsel Ingatkan Warga Waspada Badai Siklon 94W
Tim Basarnas Sulsel mengevakuasi warga korban banjir. (Foto: Dokumen KABAR.NEWS)

KABAR.NEWS, Makassar - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbauan kepada 30 Provinsi di Indonesia agar mengantisipasi dan mewaspadai potensi bibit siklon tropis 94W. Termasuk Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi mengatakan pihaknya telah siap siaga 24 jam mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi badai siklon di Sulsel.

"Tentunya kami dari Basarnas tetap mengantisipasi dengan bersiaga selama 24 jam berturut-turut bergantian dengan petugas rescue atau petugas siaga dan tetap dilaksanakan dengan baik," ucap Djunaidi saat dikonfirmasi KABAR.NEWS via telepon, Rabu (14/4/2021). 

Djunaidi mengaku telah siap mengantisipasi hal itu yakni dengan mempersiapkan peralatan jika sewaktu-waktu terjadi badai tesebut. Tentunya, kata Djunaidi, harus siaga dan langsung menuju ke lokasi titik terjadinya hal yang dimaksud.

Serta pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya masyarakat Sulsel agar waspada kemungkinan terjadinya badai siklon di Sulsel.

"Kalau kami dari Basarnas tentunya kami ada pos. Ada pos Bantaeng, Selayar, Palopo dan Bone di mana pos ini membantu mensosialiasikan kepada masyarakat agar kiranya seluruh masyarakat di Sulsel ini tidak lengah, tidak nyenyak tidur pada malam hari, diusahakan mewaspadai," ujarnya.

"Jadi semua warga yang ada di Sulsel ini harus mewaspadai dengan artian bahwa tidak begitu melepas diri (lengah) pada saat istirahat tentunya harus memperhatikan segala sesuatu yang perlu butuhkan apabila terjadi badai siklon," lanjutnya. 

Olehnya itu, Basarnas sangat mengimbau itu untuk seluruh masyarakat Sulsel agar mengerti tentang kecelakaan, tentang bencana sehingga mengantisipasi keadaan terjadinya badai siklon.

"Kami juga dari Basarnas pun dari segi personil sudah harus siap siaga di dalam hal ini, tentunya menyiapkan seluruh sarana dan prasarana dan tenaga rescue untuk mengantisipasi hal yang dimaksud karena sesuatu ini tidak menutup kemungkinan wilayah kita bisa terkena," tandasnya. 

Dia menambahkan, BMKG sudah mengimbau kepada 30 Provinsi di Indonesia yang diantaranya Sulsel. Semoga wilayah Sulsel terhindar dari badai tersebut.

Untuk diketahui peringatan ini ditujukan kepada gubernur di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali.

Serta Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Penulis: Darsil Yahya/A