Skip to main content

Baru Menjabat, Darmawan Langsung Tancap Gas Tingkatkan Kemampuan Tenaga Kerja Sulsel

fgh
Pembukaan pelatihan wirausaha baru di Hotel Grand Imawan. (Dok. Humas Sulsel)

KABAR.NEWS, Makassar-- Baru seminggu menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel, Andi Darmawan Bintang langsung fokus bekerja. Di awal tahun 2020 ini bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan menggelar pelatihan bagi wirausaha baru.


Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Hayat Gani yang membuka Pelatihan Wirausaha Baru Produktif dan Peningkatan Produktivitas (Pengukuran), di Hotel Grand Imawan Makassar, Selasa (14/1/2020) memberikan apresiasi atas program tersebut.


Dalam sambutannya, Abdul Hayat mengatakan, tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk mengembangkan kapasitas. Sehingga, produktivitas jauh lebih bergairah, lebih menentukan, dan lebih mudah diukur, karena produktivitas itu terkait langsung dengan kinerja.


"Apa yang bisa dinilai dari kinerja seseorang adalah produktivitas. Cara mengukur produktivitas tersebut dengan memberikan gambaran, kemudian menyiapkan konkret pengukurannya," kata Abdul Hayat.


Ia mengharapkan agar ke depannya kredit konsumtif yang selama ini digunakan, dapat digantikan dengan kredit produktif. "Kalau itu yang terjadi, maka tentunya hal tersebut sangat bersentuhan dengan apa yang kita inginkan hari ini, menciptakan produktivitas untuk mengawal semua itu," tambahnya.


Menutup sambutannya, Abdul Hayat menjelaskan, pelatihan tersebut sangat berkaitan erat dengan program prioritas Gubernur, khususnya permasalahan daya saing.


"Kalau produk kita tidak bisa bersaing, tentunya pasar tidak akan mau menerima. Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah hari ini, pembentukan sumberdaya manusia yang unggul, karena bagaimanapun juga sumberdaya manusia yang unggul menjadi prioritas utama," tutup Abdul Hayat.


Pelatihan ini rencananya dilaksanakan tanggal 14-18 Januari 2020 tersebut digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari.


Penulis: Mustawaf Ansar/Cp/Rls/C

 

loading...