Baru Dimulai, KPU Maros Target Rekap Suara Rampung Hari Ini

Pilkada Maros

Baru Dimulai, KPU Maros Target Rekap Suara Rampung Hari Ini
Rapat pleno rekapitulasi suara calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Maros, Sulsel, di Aula KPU Maros, Rabu (16/12/2020). (KABAR.NEWS/Fahrul)






KABAR.NEWS, Maros - KPU Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, pada Rabu (16/12/2020) hari ini mulai melakukan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara tingkat kabupaten Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maros 2020.

Rekapitulasi suara yang berlangsung di Aula Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Maros menghadirkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 14 Kecamatan yang ada di Maros. 

Pleno juga dihadiri anggota Bawaslu Maros, perwakilan saksi dari masing-masing tiga pasangan kandidat dan mendapatkan pengawalan ketat dari satuan kepolisian Polres Maros.


Komisioner KPU Maros Disvisi Teknis Penyelenggaraan, Mujaddid mengatakan, adanya pertimbangan dan kondisi tertentu pada tingkat kecamatan sehingga pelaksananan rekapitulasi suara tingkat kabupaten baru dilaksanakan pada hari ini, salah satunya akibat adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS).


"Berdasarkan tahapan dalam peraturan KPU rekapitulasi tingkat kabupaten dilaksanakan dari tanggal 14-17, namun kita baru laksanakan di tanggal 16 karena karena pertimbangan dan kondisi tertentu di kecamatan sehingga baru siap dilaksanakan pada hari ini. Salah satunya PSU di Desa Bontomanai, Tompobulu," kata Mujaddid ditemui di KPU Maros.


Mujaddid melanjutkan, rapat pleno rekapitulasi ini bertujuan untuk menetapkan hasil rekapitulasi di tingkat kecamtan pada di tingkat kabupaten. Mengenai penetapan pasangan calon terpilih, Mujaddid mengatakan, nanti akan dilaksanakan setelah ada pengumuman pasangan dari Mahkamah Konstitusi.


"Nah kalau tidak (ada menggugat) baru kita laksanakan penetapan pasangan terpilih," jelasnya.


Meski baru dimulai, KPU Maros menargetkan rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten akan rampung hari ini. Surat keputusan hasil rekapitulasi ini akan diserahkan kepada masing-masing saksi pasangan calon untuk menjadi dasar jika ada upaya hukum dari pasangan calon.


"Sejauh ini tidak ada kendala berarti, yang ada hanya beberapa saran dan penyampaian dari saksi mengenai tata cara dan prosedur yang digunakan. Tetapi persoalan hasil tidak ada, saya kira sama semua yang telah ditetapkan mulai dari tinkat TPS, Kecamatan, sampai kabupaten. Kami targetkan bisa selesai hari ini juga," pungkasnya.

Berdasarkan data rekapitulasi suara Pilkada Maros di website KPU RI, Rabu, pasangan calon Chaidir Syam - Suhartina Bohari memperoleh 82.394 suara atau yang terbanyak dibanding dua paslon lain. Perolehan tersebut berdasarkan data C1 yang masuk dari 799 TPS, dari jumlah total 800 TPS.


Penulis: Fahrul/A