Skip to main content

Baru Dilantik, KIP Kaltara Belajar Tangani Informasi Kelembagaan di Sulsel 

KIP Sulsel
Pertemuan KIP Sulsel dan KIP Kaltara di kantor Gubernur Sulsel


KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) dalam hal ini Komisi Informasi Provinsi (KIP) menyambangi KIP Sulsel di Kantor Gurbernur Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Makassar (6/12/2018). Kedatangan rombongan KIP Kaltara tersebut untuk berbagi pengalaman dan menggali informasi kelembagaan di Provinsi lain di Indonesia. 


Ketua KIP Kaltara, Muhammad Isya mengatakan keberadaan KIP di Kaltara imbas dari berpisahnya dengan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).


Baca Juga: 


"KIP Kaltara baru dibentuk sekitar tiga bulan lalu. Kami dilantik Agustus. Secara kelembagaan, masih perlu banyak belajar ke provinsi yang sudah memiliki KIP dan cukup lama eksis," ungkap Isya usai bersilarurrahmi dengan KI Sulsel.


Menurutnya, pertemuan itu sangat tepat dengan digelarnya agenda KIP mengenai persentase pemeringkatan keterbukaan informasi di Sulsel. 

 

"Kami bisa lihat langsung presentasi kabupaten/kota yang ikut dalam penilaian keterbukaan informasi. Ini sangat berharga, modelnya bisa kita adopsi di Kaltara," kata Isya.


Sementara itu, pengurus KIP Sulsel, Abd Kadir Patwal mengapresiasi kehadiran KIP Kaltara. Kata Kadir, memang sangat diperlukan sharing dengan daerah lain agar capai keseragaman pola.


"Kami harap banyak pengalaman berharga yang bisa diaplikasikan di Kaltara nanti setelah menggali informasi di Sulsel," tandasnya. 

  • Andi Khaerul

 

loading...