Baru Dibuka dua Hari, Pendaftar Calon PPK di Tator Capai 178 orang

* Pendaftar melalui SIAKBA

Baru Dibuka dua Hari, Pendaftar Calon PPK di Tator Capai 178 orang
Konferensi pers Komisioner KPU Tator mengenai pendaftaran calon Anggota PPK dan PPS di Arion Coffee Kecamatan Makale, Tana Toraja, Senin (21/11/2022) sore. (KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Makale - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja (Tator), Sulawesi Selatan, telah membuka pendaftaran calon penyelenggaran adhoc yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024.


Ketua KPU Tator Rizal Randa mengatakan, sejak pendaftaran dibuka pada Minggu kemarin, tercatat sudah 178 orang yang mengupload berkas pendaftaran melalui aplikasi SIAKBA.


"Sudah 178 orang yang mendaftar, ini baru dua hari, masih ada 7 hari berikutnya. Dan dalam hari kerja kita tetap membuka pendaftaran sampai jam kerja, sementara di akhir pendaftaran tanggal 29 November nanti hingga pukul 23.59," kata Rizal di Arion Coffee, Tator, Senin (21/11/2022).


KPU Tator sendiri akan menerima 95 calon PPK yang akan tersebar di 19 kecamatan, dan PPS nantinya diterima 447 orang dari 116 Kelurahan/Lembang (Desa).


Dijelaskan Rizal bahwa untuk perekrutan PPS akan dilaksanakan di bulan Desember dan tahun ini tidak ada lagi batasan periode bagi calon PPK, baik berpengalaman maupun baru diterima.


"Saat ini perekrutan tidak ada batasan bahwa anggota PPS dan PPK pernah menjabat posisi tersebut selama dua kali," pungkasnya.


Komisioner KPU Tator Divisi SDM Elis Mangesa mengatakan, aplikasi SIAKBA adalah aplikasi baru pendaftaran PPK. Setiap pelamar akan didampingi admin atau operator dari tim ASN dan staf KPU.


Ia juga menyampaikan bahwa sekaitan informasi dan persyaratan perekrutan PPK dan PPS Pemilu 2024, pihaknya telah bersosialisasi juga melalui sosial media dan memasang baliho.


Penulis: Febriani/B