Bantaeng Mulai Ajak Petani Lepas Ketergantungan Pupuk Organik

masalah pupuk menjadi persoalan dari desa

Bantaeng Mulai Ajak Petani Lepas Ketergantungan Pupuk Organik
Bupati Kabupaten Bantaeng Ilham Syah Azikin (kanan) menyerahkan pupuk organik kepada petani Desa Kampala, Kecamatan Eremerasa. (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Bantaeng - Pemerintah Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, terus mendorong sistem pertanian alami. Petani diajak untuk mulai melawan keterbatasan pupuk kimia dan beralih ke pupuk organik. 


Untuk mewujudkan hal itu, Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin menemui sejumlah kelompok tani di Desa Kampala, Kecamatan Eremerasa, Rabu (16/6/2021). Dalam kesempatan ini, dia memberikan sejumlah 23 ribu paket pupuk organik untuk beberapa kelompok tani di desa tersebut. 


Dia mengatakan, masalah pupuk menjadi persoalan dari desa hingga tingkat nasional. Menurutnya, pemerintah pusat memang sedang berupaya untuk mengurangi kuota pupuk kimia bersubsidi di seluruh Indonesia. Dia berharap, petani di Bantaeng bisa merasakan manfaat pupuk organik dibanding dengan pupuk lainnya. 


"Hari ini memang menjadi persoalan. Tidak ada yang teriak soal pupuk. Semua daerah mengeluh kelangkaan pupuk subsidi. Saya berharap, pupuk organik ini dapat dikenali, dimanfaatkan dan dirasakan manfaatnya bagi petani di desa ini," kata Ilham dalam keterangan tertulis.


Dia juga mengajak kepada penyuluh untuk mulai mengajak petani mengenal pupuk organik dan memperkenalkan pupuk-pupuk lainnya. Dia berharap, petani juga lebih selektif memilih pupuk untuk peningkatan produksi pertanian dan perkebunan. 


"Teman-teman penyuluh juga harus terus bekerja keras untuk mengajak petani mengenal pupuk lainnya. Jadi petani tidak hanya kenal pupuk urea saja," jelas dia.


Pupuk tersebut diketahui berasal dari bantuan sejumlah anggota DPRD Bantaeng dan DPRD Provinsi. Ilham Azikin mengaku memberikan apresiasi terhadap perhatian anggota DPRD atas bantuan itu. 


"Ini adalah agenda strategis dan bentuk pencerminan sinergitas antara eksekutif dan legislatif. Saya apresiasi yang setinggi-tingginya, kepada anggota DPRD dan partai politik yang mau memberikan support kepada kami," jelas dia. 


Kepala Desa Kampala, Amiruddin mengaku berterimakasih atas bantuan yang diberikan pemerintah kepada desa ini. Dia mengaku, bantuan untuk sektor pertanian dari Pemerintah Kabupaten Bantaeng sudah sangat banyak. Hal itu, kata dia, bukti jika pemerintah terus mendorong kesejahteraan petani di desa ini. 


"Ini bukti keberpihakan pemerintah terhadap warga yang sebagian besar adalah petani di desa ini," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/C