Bantaeng Jadi Daerah Implementasi Program Wirausaha Muda Pertanian

Oleh Kementan dan IFAD

Bantaeng Jadi Daerah Implementasi Program Wirausaha Muda Pertanian
Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin (tengah) saat pameran pameran pertanian bertajuk Open Day. (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Bantaeng - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama International Found for Agricultural Development (IFAD) menjadikan Kabupaten Bantaeng, Sulsel, sebagai daerah implimetasi program wirausaha muda pertanian. Program ini bernama Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS). 


Program ini berfokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian. Sebagai salah satu progres pelaksanaan program YESS, SMKS Darul Ukum Panaikang selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU), menggelar pameran pertanian bertajuk Open Day di Bantaeng, Selasa (29/6/2021). 


Dalam pameran ini, sejumlah produk pertanian petani muda milenial dipamerkan. Kegiatan ini adalah bagian dari kerja sama Kementerian Pertanian dan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbantan) Gowa, Sulsel. Sejauh ini, kegiatan serupa baru dilaksanakan di empat kabupaten, yakni Maros, Bone, Bulukumba dan Bantaeng.


Bupati Bantaeng Ilham Azikin yang secara resmi membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini melambangkan produktifitas petani di tengah pandemi. Dia menyebut, pertanian adalah sektor yang mampu menopang masyarakat di tengah pandemi. 


"Program ini diharapkan mampu mendorong anak muda dan usia produktif untuk bergerak di bidang pertanian sehingga sektor pertanian dan ketahanan pangan di Bantaeng bisa semakin maju lagi ke depannya," ujar Ilham dalam keterangan tertulis, Selasa (29/6/2021).


Pelaksanaan Open Day ini digelar dengan menampilkan berbagai hasil pertanian, dan teknologi. Turut hadir pada kesempatan itu antara lain  Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Sulawesi Selatan, Direktur Polbangtan Gowa, Camat dan Lurah se-Kec.Bisappu.

Penulis: Akbar Razak/C