Bansos BPNT di Jeneponto Kini Pakai Sistem Menu Pilihan

Dinas Sosial Jeneponto menyampaikan ada perubahan pada sistem e-warung untuk Bansos BPNT.

Bansos BPNT di Jeneponto Kini Pakai Sistem Menu Pilihan
Bantuan Sosial Pangan (BSP) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Jeneponto kini menerapkan sistem menu pilihan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Bantuan Pangan Sosial Pangan (BSP) yang masuk program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Jeneponto kini menerapkan sistem menu pilihan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sistem menu pilihan diterapkan menggunakan kartu kontrol diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat untuk mengorder bahan pangan yang dinginkan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jeneponto, Nirmala Suaib mengatakan menu pilihan bagi penerima manfaat yang diterapkan saat ini di Kabupaten Jeneponto sudah sesuai dengan pedoman umum (Pedum) Bansos BPNT.

"Iyye (iya), sesuai dengan pedum, menu pilihannya ada juga ditempel di masing-masing e-warung," ungkap Nirmala Suaib, Minggu, (21/2/2021).

Hal senada diungkap Kordinator Daerah (Korda) Bansos Pangan Kementerian Sosial Kabupaten Jeneponto, Adi menjelaskan, menu pilihan diberlakukan di sebelas kecamatan di Kabupaten Jeneponto.

"Ini sudah sesuai dengan Pedum, sebelas kecamatan sudah menerapkan menu pilihan. Menu pilihannya itu telur, ikan, beras dan sayur mayur dan ayam," kata dia.

Sementara Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Sari mengungkapkan selama ini dirnya diberi kartu kontrol untuk memilih menu diinginkan baik jenisnya maupun jumlahnya.

"Bagusnya memang kalau kita dikasi pilih. Misalkan kita butuh beras jumlahnya berapa, kita juga dikasi pilihan mau ayam atau ikan, sayurnya juga dipilih, ada wortel, kol dan lain-lain, telur juga ada, tinggal dipilih apa yang dibutuhkan," ujar Sari.

Saat ini, penyaluran bantuan sosial pangan atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Jeneponto sementara berlangsung untuk periode Februari tahun 2021.

Penyaluran bantuan sosial pangan ditengah pandemi juga tetap disiplin protokol kesehatan yang ketat dengan memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai handsatizer.

Penulis: Akbar Razak/C