Bank Indonesia Sulsel Dorong Pemda Digitalisasi Keuangan 

Merchant QRIS Ditarget Meningkat

Bank Indonesia Sulsel Dorong Pemda Digitalisasi Keuangan 
Kepala BI perwakilan Sulsel, Budi Hanoto (tengah). (Foto: Istimewa)












KABAR.NEWS, Makassar - Bank Indonesia (BI) Wilayah Sulsel bersama dengan Pemerintah Provinsi(Pemprov) Sulsel dan OJK sepakat memperluas digitalisasi sektor keuangan hingga di tingkat pemerintah daerah (Pemda).

Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan semakin transparan dan bertanggung jawab, serta mendorong merchant quick respense code Indonesia standard (QRIS) meningkat hingga dua kali lipat.

Kepala BI Perwakilan Wilayah Sulsel, Budi Hanoto menjelaskan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) terdiri dari pihak BI, Pemerintah Sulsel, OJK dan Bank Sulselbar dibentuk sebagai forum koordinasi untuk mendukung dalam rangk perluasan digitalisasi pemerintahan di setiap daerah di Sulsel.

"Sinergi BI, OJK, Pemprov, dan Bank Sulselbar kita berharap per April mendatang setiap kabupaten kota telah harus memiliki tim percepatan TP2DD," ujarnya saat kegiatan sosialisasi TP2DD dan QRIS di Hotel Four Poin by Seraton, Jalan Landak, Selasa(23/2/2021).

Ia menyebut saat ini baru ada lima kabupaten kota telah memiliki TP2DD yakni, Kota Makassar, Pare-Pare, Gowa, Maros dan Pangkep. Untuk itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke daerah.

"Akan kota sosialisasikan terus, hingga semua daerah mencakup semua. Sebab Sulsel menjadi leading untuk Timur Indonesia terkait digitalisasi keuangan," katanya.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, masyarakat kata Budi terus mengubah transaksi keuangan mereka dengan memanfaatkan digilatlisasi. Olehnya sudah saatnya pemerintah daerah juga mengikuti perubahan tersebut.

"Pemerintah juga perlu digitalisasi. Sehingga BI sebagai otoritas pembayaran perlu memfasilitasi itu,"katanya.

BI Sulsel juga telah mengimplementasikan QRIS di lingkup Pemda sebagai solusi transaksi pembayaran seperti pajak, dan retribusi daerah untuk memberikan kemudahan pelayanan transaksi kepada masyarakat. Dan diharapkan dengan pembentukan TP2DD tersebut target merchant bisa terus meningkat hingga dua kali lipat.

Diketahui hingga Februari 2021 jumlah merchant yang telah mendaftarkan diri untuk menggunakan QRISdi Sulsel mencapai 193.244 merchant atau tumbuh sebesar 209,3 persen.

Penulis: Rahma Amin/C