Banjir Bandang NTT, Pemkot Surabaya Akan Salurkan Bantuan Lewat Lantamal V

Lantamal V akan memberangkatkan KRI ke NTT untuk menyalurkan bantuan bencana alam.

Banjir Bandang NTT, Pemkot Surabaya Akan Salurkan Bantuan Lewat Lantamal V
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat meninjau posko kemanusian di Lantamal V Surabaya. (Foto: Pemkot Surabaya)






KABAR.NEWS, Surabaya - Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menarik simpati wargam tak terkecuali Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Rencananya Pemkot Surabaya akan menyalurkan bantuan korban bencana alam di NTT melalui Lantamal V. 

Kedatangan orang nomor satu lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ini disambut hangat oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V, Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal. Turut mendampingi pula, Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Sri Sulistio beserta para asisten dan Danpomal Lantamal V Letkol Laut (PM) Nurul Fatta Lubis.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, bahwa Pemkot Surabaya berencana memberikan bantuan untuk korban bencana alam di NTT. Bantuan dari pemkot dan masyarakat Surabaya ini, akan disalurkan melalui Posko Jala Jaya didirikan Lantamal V.

"Insya allah kami akan memberikan bantuan ke NTT. Dan beliau (Danlantamal V) tadi menyampaikan akan memberangkatkan kapal. Insya allah tanggal 10 (April 2021) berangkat dari Surabaya," ujarnya saat mengunjungi Posko Bantuan Kemanusiaan Lantamal V, di Jalan Sarwajala (Jala Jaya) No 2, Ujung, Semampir, Surabaya, Kamis (8/4/2021).

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Danlantamal V beserta jajarannya, karena telah membantu memfasilitasi pemkot mendistribusikan bantuan ke NTT. Eri Cahyadi berharap, bantuan ini dapat meringankan beban dan bermanfaat bagi masyarakat yang sedang tertimpa musibah bencana alam di NTT.

"Kami (pemkot) dan saya pribadi sebagai Wali Kota Surabaya mengucapkan banyak terima kasih kepada Komandan Lantamal V karena berkenan membawa bantuan Pemkot Surabaya ke NTT," tutur dia.

Sementara itu, Danlantamal V, Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal menyampaikan pendirian Posko Bantuan Kemanusiaan ini sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Tujuannya yakni, untuk membantu meringankan beban masyarakat yang sedang tertimpa musibah bencana.

"Kami sesuai dengan arahan pemimpin TNI AL, Bapak Kasal memerintahkan kepada jajaran dibawahnya untuk berbuat dan bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, Lantamal V diperintahkan untuk membangun posko kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam di NTT," kata Zaenal.

Zaenal juga menjelaskan bahwa bantuan sudah terkumpul melalui Posko Jala Jaya ini, selanjutnya diserahkan kepada Koarmada II. Nantinya bantuan akan diberangkatkan menggunakan KRI.

"Mengenai kapal atau KRI yang akan diberangkatkan, tentunya kami akan serahkan kepada Panglima Koarmada II. Yang pertama kemarin (bantuan) sudah diberangkatkan satu KRI Oswald Siahaan dengan membawa bantuan dari Surabaya termasuk dari masyarakat," ungkapnya.

Rencananya, distribusi bantuan gelombang kedua bakal berangkat pada tanggal 10 April 2021. Distribusi bantuan itu, kata Danlantamal V, berencana berangkat menggunakan KRI Semarang menuju lokasi bencana di NTT.

"Kami ucapkan terima kasih kepada wali kota dan masyarakat Surabaya yang turut membantu meringankan beban para korban bencana alam saudara-saudara kita di NTT. Semoga ini bermanfaat," ucapnya.