Bandara Toraja Akan Diresmikan, Menhub: Untuk Pariwisata

Bandara Toraja akan diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (18/3/2021).

Bandara Toraja Akan Diresmikan, Menhub: Untuk Pariwisata
Menhub, Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Toraja bersama Bupati Tana Toraja, Theofillius Allorerung. (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Tator - Menteri Perhubung (Menhub), Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Toraja, Kabupaten Tana Toraja, Sulsel, Rabu (17/3/2021). Kunjungan Menhub tersebut dilakukan karena Bandara Toraja akan diresmikan oleh Presiden Jokowi, Kamis (18/3/2021). 

Budi mengungkapkan pembangunan Bandara Toraja bukan pekerjaan mudah. Pasalnya, untuk membangun Bandara Toraja, harus memangkas tiga bukit. 

"Bandara ini kita bangun dengan proses yang tidak mudah. Ada tiga bukit yang kita pangkas sehingga bandara ini berada di atas bukit, dan panjang landasannya 2.000 meter. Alhamdulillah sekarang sudah ada pergerakan, hampir setiap hari ada pesawat ATR dari Makassar pulang pergi,” ujar Budi melalui keterangan tertulisnya kepada KABAR.NEWS.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan Bandara Tana Toraja dibangun untuk mendukung sektor pariwisata di Provinsi Sulawesi Selatan khususnya Tana Toraja. Selain itu, pembangunan Bandara Toraja merupakan arahan dari Presiden Jokowi.

"Kita harapkan pembangunan ini sesuai dengan arahan Pak Presiden, bahwa semua pembangunan prasarana transportasi diarahkan untuk fungsi-fungsi yang nyata, seperti Pariwisata, yang menjadi daya tarik khususnya di Tana Toraja," ucapnya.

Bandara Toraja dibangun guna meningkatkan aksesibilitas transportasi, mendorong konektivitas dan pariwisata Toraja. Bandara ini dibangun untuk menggantikan Bandara Pongtiku di Rantetayo yang tidak memungkinkan untuk dikembangkan.

Bandara Toraja memiliki panjang runway 2000 m x 30 m, dan bisa didarati oleh pesawat Sejenis ATR 72-500/600. Memiliki terminal penumpang dengan luas 1.152 m² yang dapat melayani 45.000 penumpang per tahun.

Bandara Toraja telah beroperasi sejak tanggal 4 September 2020 dan telah dilayani secara regular oleh dua maskapai yaitu Wings Air dan Citilink yang melayani penerbangan reguler dengan rute Makassar – Toraja dan sebaliknya.

Dalam peninjauannya, Menhub didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto, Direktur Utama PT Airnav Pramintohadi, serta Bupati Tana Toraja, Theofillus Allorerung.