Skip to main content

Balitbang Pangkep Gelar Seminar Potensi Garam dan Rumput Laut

Pangkep
Bupati Pangkep, H.Syamsuddin Hamid SE, membuka seminar tentang potensi garam di ruang pertemuan wakil bupati Pangkep.(ist)

KABAR.NEWS, PANGKEP -  Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda)  Kabupaten Pangkep, Kamis (17/10/2019), menggelar seminar hasil penelitian tentang potensi garam dan tatakelola budidaya dan pemasaran rumput laut. Kegiatan ini kerjasama Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Pangkep untuk budidaya rumput laut. 

 

Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid SE, saat membuka seminar tentang potensi garam menjelaskan jika Pangkep sudah menjadi produsen garam di Sulsel, selain Jeneponto. Namun pihaknya membuka diri jika memang perlu peningkatan terutama mutunya. 

 

Selain itu garam menjadi komoditi andalan karena banyak dirasakan masyarakat dalam hal peningkatan taraf ekonomi masyarakat pesisir Pangkep. 

 

Sementara itu, seminar tentang rumput laut menghadirkan tenaga penyuluh pertanian di daerah ini, juga Direktur Politani Negeri Pangkep, Dr. Darmawan MP.   

 

Darmawan mengungkapkan,  faktor kekuatan yang dimiliki dalam pengelolaan usaha budidaya rumput laut di Pangkep, antara lain peran pemerintah yang cukup tinggi dalam pengembangan usaha rumput laut. 

 

"Faktor kelemahan yang berhasil teridentifikasi, antara lain, karakter fisik, kimia dan oseanografi lingkungan perairan Pangkep yang sangat variatif," ujar Darmawan. 

 

Ia menambahkan, peluang yang berhasil diidentifikasi, yakni komiditi rumput laut yang merupakan komoditas unggulan nasional dan daerah yang berada 
dalam rantai pasok global. 

 

Beberapa kebijakan yang dapat dilakukan oleh pemda berdasarkan skala prioritas strategi, yakni peningkatan peran penyuluh dalam kegiatan bimtek dan pendampingan dalam kegiatan usaha budidaya dan pembentukan asosiasi pembudidaya dan pengolah rumput laut untuk mendukung penguatan kelembagaan petani pembudidaya rumput laut.


Kegiatan budidaya laut di daerah ini telah lama dilakukan masyarakat di daerah ini. Daerah yang intensif melakukan usaha budidaya rumput laut di Pangkep terdapat di Segeri, Labakkang, Mandalle, Kalmas dan Ma'rang.

 


*SAHARUDDIN/B

 

 

loading...