Balap Liar Resahkan Warga Gareccing Sinjai Selatan

Polisi diminta turun tangan

Balap Liar Resahkan Warga Gareccing Sinjai Selatan
Lintasan Balap Liar di Sinjai Selatan. (Sreenshoot Video)






KABAR.NEWS, Sinjai - Aksi balap liar sepeda motor lagi-lagi membuat resah masyarakat yang tinggal di Desa Gareccing, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.


Salah satu titik aksi balapan liar yaitu di Jalan Pendidikan yang menghubungkan Kelurahan Sangiasserri ke Desa Gareccing. Aksi balapan liar itu digelar oleh sejumlah pemuda setiap akhir pekan dan hari Minggu sore. 


Rata-rata mereka yang ikut menggeber kendaraan pada balapan liar di Gareccing merupakan anak muda. Saat menjalankan aksinya, mereka menguasai seluruh badan jalan tersebut sehingga masyarakat pengguna jalan setempat mulai kesal.


"Aksi mereka itu cukup berbahaya bagi pengguna jalan raya. Apalagi sudah ada korban ditabrak oleh pelaku balap liar," kata Andi Adnan, warga setempat, Senin (11/10/2021).


Adnan mewakili masyarakat di Desa Gareccing dan di Kelurahan Sangisseri meminta aksi para pelaku balap liar tidak menggunakan badan jalan.


"Jalanan ini dibangun pemerintah bukan untuk dipakai balapan liar. Ini jalanan akses dari ibu kota kecamatan ke Desa Gareccing, Desa Talle dan ke 
Kecamatan Sinjai Tengah untuk digunakan masyarakat beraktifitas ekonomi," kata Andi Adnan. 


Maka dari itu, dia meminta pengelola Sirkuit Gareccing untuk segera memberi wadah kepada mereka agar tidak balapan di jalan raya. Selain rawan mengakibatkan laka lantas, juga para pebalap gunakan knalpot bising. 


"Jelas suara motor itu sangat mengngganggu stabilitas," singkatnya.


Hanya saja Adnan menyayangkan karena aparat kepolisian dan aparat lain tidak mampu mencegah aksi yang membahayakan itu.


Jalan Poros Pendidikan-Desa Gareccing ke Desa Talle ini baru tahun lalu dibangun atau di aspal hotmix oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai kini jalanan tersebut sudah dijadikan aksi balapan liar warga.


Penulis: Syarif/B