Bakal Uji Coba Akurasi Sebelum Massalkan GeNose, Danny: Biar Lebih Fair

Bakal Uji Coba Akurasi Sebelum Massalkan GeNose, Danny: Biar Lebih Fair
Ilustrasi Penggunaan GeNose (IST)






KABAR.NEWS, MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berencana akan melakukan uji coba penggunaan alat deteksi dini virus Corona berbasis embusan napas, GeNose, rencananya akan dilakukan Walikota Makassar Danny Pomanto mengatakan ujicoba tersebut akan dilakukan untuk melihat hasil uji akurasi.  

Lebih lanjut, perbandingan akurasi tersebut akan dibandingkan dengan uji swab PCR. Sebab kata Danny, GeNose dianggap belum teruji. 

"saya harus pertandingan dengan PCR, karena saya tidak mau juga menjadi polemik. Walaupun sudah dipakai di pesawat, tapi kan saya juga harus memperhatikan pendapat para senior kedokteran yang bukan meragukan, tapi dianggap GeNose belum teruji," ujar Danny di Kediamannya, Jalan Amirullah, Minggu (4/4/2021). 


Menurut Danny, hal ini akan adil jika harus membuktikan dirinya tak terlibat kerjasama bersama proyek GeNose. 

Olehnya itu, pihaknya akan menyilakan pengujian GeNose dilakukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan warga kota Makassar. 

"kita fair saja. Jadi ini barang susah. Nanti kalau kita tidak uji, terus kita pakai nanti dibilang sekongkol dengan GeNose. Di lain pihak, saya pake antigen atau pcr kan dibilang sekongkol bisa kan begitu. Lebih baik kita per bandingkan. IDI dan masyarakat," paparnya

Danny mengatakan jika hasil akurasi menunjukkan GeNose lebih akurat dari PCR, maka pihaknya tak akan menggunakan PCR lagi. 


"Kalau sama pcr, saya tidak pakai lagi PCR. Saya hematmi. Kalau tidak sama pcr, berarti screening saja," 


Setelah ujicoba, Danny menuturkan akan memakai GeNose sebanyak 10 buah untuk di sekolah. Rencana ini kata ia, sejalan dengan rencananya untuk membuka sekolah tatap muka. 

"Saya kan beli 10 dulu untuk sekolah dulu, yang tadinya 153. Selesai nanti diuji tanggal 10, saya nanti pakai untuk sekolah ini untuk segera tatap muka," tandasnya

Penulis: Fitria Nugrah Madani/B