Bahtiar Tawarkan Bisnis Pisang untuk peserta Makassar Leadership Summit

* Khususnya investasi bisnis pisang cavendish

Bahtiar Tawarkan Bisnis Pisang untuk peserta Makassar Leadership Summit
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin saat menghadiri Makassar Leadership Summit 2023 di Hotel Claro Makassar, Senin (27/11/2023). (IST/HMS)

KABAR.NEWS, Makassar - Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menghadiri Makassar Leadership Summit 2023, yang dilaksanakan di Hotel Claro Makassar, Senin (27/11/2023). Pertemuan ini merupakan tempat berkumpulnya pengusaha, investor, kampus, hingga unsur media.


Bahtiar mengungkapkan Kota Makassar pernah menjadi pusat dagang dunia. Sulsel memiliki sejumlah komoditi unggulan di sektor pertanian, peternakan, perikanan, dan kelautan. Karena itu, harus didukung oleh infrastruktur yang memadai, khususnya dalam distribusi barang.


"Kita memiliki komoditi ekspor, dan harus ada pengiriman langsung ke negara tujuan," kata Bahtiar.


Kepada para investor yang hadir, Bahtiar menawarkan investasi di sektor pertanian. Diketahui, saat ini Sulsel sedang mengembangkan pisang cavendish, yang pasarnya sudah jelas di berbagai negara di dunia.


"Ada investasi yang tidak membutuhkan listrik. Di Sulsel ini ada dua juta lebih lahan dan kita sudah mulai menanam pisang cavendish," kata Bahtiar.


Budidaya pisang cavendish ini bahkan telah memiliki skema bisnis yang disusun oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan disupport oleh sejumlah perbankan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).


Sedangkan di bidang perikanan dan kelautan, Pemprov Sulsel mengembangkan rumpon atau rumah ikan. Di sektor peternakan, dilakukan Inseminasi Buatan (IB) untuk pengembangan sapi, kerbau, kuda, dan kambing.


Sementara, Committee Chair of Makassar Leadership Summit 2023, Disa Noviantika, mengatakan, kegiatan ini mengedepankan bagaimana pentingnya kepemimpinan dalam dunia usaha, khususnya para pengusaha asal Sulsel. 


"Kenapa harus kepemimpinan, karena di era hari ini harus diperkuat leadership dan kita dapat ilmu bagaimana kolaborasi, koordinasi kemudian pentahelix hadir di sini, pemerintah, dunia usaha, kampus, media dan alhamdulillah itu semua ada di sini," kata Disa. (*)