Bahtiar Janji KPU Anggaran Pilgub Sulsel Aman Tersedia

* Demi menyukseskan pesta demokrasi

Bahtiar Janji KPU Anggaran Pilgub Sulsel Aman Tersedia
Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin (kiri) dan Ketua KPU Sulsel Hasbullah. (IST/HMS)

KABAR.NEWS, Makassar - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin meyakinkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa anggaran Pemilu maupun Pilkada Serentak atau Pilgub Sulsel tahun 2024 tersedia. 


Itu disampaikan Bahtiar saat bertandang ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Makassar, Selasa (12/9/2023). Bahtiar menyebut anggaran pilpres maupun pilkada adalah prioritas demi menyukseskan pesta demokrasi tersebut.


"Jadi sesuai delapan program prioritas yang telah dicanangkan, pada poin satu telah ditekankan untuk turut menyukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 berlangsung secara luber, jurdil, lancar, aman dan damai terlebih khusus memastikan ketersediaan anggaran," kata Bahtiar.


Diketahui anggaran Pilgub Sulsel 2024 yang bakal dikelola KPU sebesar Rp408 miliar. Jumlah itu berpotensi berkurang Rp20 miliar berdasarkan hasil review Inspektorat Sulsel.


Bahtiar melanjutkan, menyukseskan pemilu maupun pilkada adalah tugas pokok yang diamanahkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 


"Olehnya itu, selain dari sisi anggaran kami mesti memastikan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia (SDM) penyelenggara pemilu," ungkap Bahtiar.


Lebih lanjut, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini mengatakan, sehari sebelum kunjungan ke KPU Sulsel, pihaknya telah berkoordinasi dengan bupati maupun wali kota se-Sulsel.


"Sehari sebelumnya, saya telah berkordinasi dengan Bawaslu, wali kota maupun bupati untuk membahas soal penyelenggaraan Pemilu," imbuhnya. (*)