Bagikan Bingkisan saat Kampanye, Caleg Gerindra Makassar Diduga Langgar PKPU

* Bawaslu Makassar masih bungkam

Bagikan Bingkisan saat Kampanye, Caleg Gerindra Makassar Diduga Langgar PKPU
Ketua Partai Gerindra Kota Makassar Eric Horas (tengah) berfoto bersama kepada peserta kampanye Pemilu 2024 di Kecamatan Panakkukang, Selasa (28/11/2023). (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Ketua DPC Partai Gerindra Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Eric Horas bersama para pengurusnya diduga melanggar aturan kampanye Pemilu 2024.


Eric Horas yang juga Caleg Gerindra DPRD Makassar, diduga melanggar aturan kampanye karena memberikan makan siang dan susu serta bingkisan kepada peserta kampanye.


Bagi-bagi susu dan makan siang itu berlangsung saat Eric Horas menggelar kampanye hari perdana di Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Panakkukang, Selasa (28/11/2023). Momen itu juga diikuti Caleg DPRD Sulsel, Edward Horas.


Dalam sejumlah pemberitaan, pembagian susu dan makanan itu disebut sebagai bagian dari kampanye program pasangan calon presiden, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming. Eric Horas mengeklaim hal itu sebagai pencegahan stunting.


"Hari ini kami di Gerindra Makassar mensosialisasikan program dari Prabowo Gibran yaitu makan siang gratis dan membagikan susu bagi ibu-ibu hamil," ujar Erick Horas dalam keterangan tertulis yang diterima media, Selasa kemarin.

Bingkisan yang diberikan Pengurus Partai Gerindra Makassar kepada peserta kampanye di Panakkukang. (Tangkapan layar/instagram/gerindramakassar)


Apa yang dilakukan Eric dan kawan-kawan itu bertentangan dengan Peraturan KPU atau PKPU nomor 20 tahun 2023. Beleid yang mengatur tentang Kampanye itu melarang peserta pemilu untuk memberikan barang atau materi lainnya kepada peserta kampanye.


Dalam pasal 72 ayat 1 huruf J PKPU nomor 20 tahun 2023 disebutkan, Pelaksana Kampanye Pemilu, peserta, dan tim Kampanye Pemilu dilarang: "menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta Kampanye 
Pemilu".


Tidak hanya membagikan "materi lainnya" berupa susu kemasan, Eric Horas bersama kader Gerindra lainnya di lokasi tersebut, juga memberikan bingkisan berisi roti dan disertai dengan atribut Prabowo - Gibran.


Ketua Bawaslu Makassar Dede Arwinsyah belum menjawab permintaan wawancara KABAR.NEWS perihal dugaan pelanggaran pidana pemilu oleh caleg Gerindra Erick Horas dan Edward Horas.


Diketahui, masa kampanye Pemilu 2024 sudah dimulai sejak 27 November 2023. Kampanye peserta Pemilu akan berakhir pada 10 Februari 2024. 


Selain dilarang memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta pemilu, setiap pelaksana kampanye juga dilarang melibatkan ASN maupun pegawai BUMN/BUMD dalam kampanye.