Skip to main content

Bagi Pasangan Manula, Bercinta Bisa Sangat Menyehatkan Lho

Manula
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Bercinta tidak hanya identik bagi pasangan muda. Bercinta sepuasnya juga milik mereka yang sudah menikah lebih dari tiga dekade.

Ternyata, sejumlah ragam manfaat bisa didapatkan dari aktivitas seks.
Diungkapkan oleh pakar kesehatan perempuan Marilyn Glenville, seks bisa membuta kesehatan manula tetap bugar dengan aktivitas seks secara teratur.


“Seks juga bisa menurunkan gula darah, kandungan lemak. Dengan sering bercinta, para manula bisa meningkatkan asupan zinc dan vitamin B3,” ujar Marylyn dilansir Mirror pada Minggu (11/2/2018).

Selain itu, ditambahkan oleh Dr Louise Newson dari Spire Parkway Hospital di Birmingham, Inggris, Bercinta bisa mendekatkan kamu dengan pasangan, itu bisa menggantikan olahraga kardiovaskular, dan tidak mengganggu menopause. “Jika mengalami gangguan libido, banyak cara untuk meningkatkan gairah seks,” jelasnya.

Berikut ini sejumlah manfaat sehatnya bagi pasangan manula :

Meningkatkan imunitas

Bagi manula yang sering bercinta, mereka juga akan semakin jauh dari penyakit flu. Penelitian membuktikan bercinta seminggu sekali bisa meningkatkan level immunoglobulin A yang mencegah flu. “Immunoglobulin A menjadi garda depan dalam pertahanan terhadap demam dan flu,” papar Carl Chenetski dari Universitas Wilkes di Pennsylvania.

Seks itu olahraga

Menurut terapi psikologi seks Paula Hall, seks adalah olahraga. “Seks bisa memperbaiki tekanan darah, memperkuat otot, dan memperbaiki sistem kardiovaskular. Itu juga bisa meningkatkan hormone untuk memperbaiki jaringan yang rusak,” papar Hall.

Mencegah kepikunan

Orang tua sebaiknya sering bermain seks untuk memperkuat kemampuan otak. Penelitian membuktikan orang yang sering bermain seks bisa mengerjakan ujian angka dan puzzle dalam waktu yang cepat dan nilai terbaik. Itu disebakan hormone dopamine akan keluar selama bermain seks. Itu juga bisa membantu fungsi kognitif.

Seks meningkatkat sirkulasi darah

Orang yang berhubungan bada tiga dalam sepekan bisa awet muda 10 tahun. “Bagi perempuan, seks bisa meningkatkan produksi hormon pertumbuhan.  Dengan begitu, mereka akan tampil muda,” jelas David Weeks, peneliti dari Royal Edinburgh Hospital.

Kesehatan akan membaik

Seks bisa mencegah risiko serangan jantung dan stroke. “Perempuan yang mengalami orgasme dua kali dalam sepekan akan mengurangi risiko penyakit jantung,” demikian hasil penelitian Universitas Queen.