Badko HMI Sulselbar Luncurkan Duta Siber Cegah Kejahatan Dunia Maya

- Libatkan generasi milenial, Gen Z dan X

Badko HMI Sulselbar Luncurkan Duta Siber Cegah Kejahatan Dunia Maya
Foto bersama pada peluncuran program Duta Siber, Literasi Digital oleh Badko HMI Sulselbar di Kampus Unhas, Makassar, Sabtu (30/7/2022). (IST/HO)






KABAR.NEWS, Makassar - Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) meluncurkan program Duta Siber, Literasi Digital. Program ini bertujuan untuk mencegah kejahatan di dunia maya.


Launching program Duta Siber HMI Badko Sulselbar diikuti 400 mahasiswa secara luring dan daring dari Gedung Ipteks Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Kota Makassar, Sabtu (30/7/2022). 


Hadir sebagai keynote speaker atau pembicara kunci kegiatan HMI Sulselbar adalah Wakil Asisten Intel Kodam Hasanuddin, Letnan Kolonel Amran Wahid dan Kasubdit 5 Tipidsiber Distreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Syarifuddin. Keduanya mewakili pimpinan masing-masing.

"Duta Siber ini merupakan upaya kami dalam melakukan pencegahan terhadap berbagai bentuk kejahatan yang dilakukan berbagai oknum dan golongan dengan memanfaatkan digital untuk melakukan berbagai macam hal yang dapat memecah belah, melakukan polarisasi identitas dan kejahatan kriminal," kata Ketua Umum Badko HMI Sulselbar Andi Ikram Rifqi dalam keterangan tertulis.


Menurut Ikram Rifqi, Cyber Crime (Kejahatan Virtual) merupakan tantangan semua lapisan masyarakat di tengah perkembangan teknologi dan digitalisasi informasi.


Ketua Badko mengatakan, sinergitas HMI bersama Polri, TNI dan pemerintah bersama juga mahasiswa diharap dapat mencegah segala bentuk kejahatan siber di dunia maya.


Selain Keynote Speaker, turut hadir sebagai narasumber di antaranya Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistika, dan Persandian Provinsi Sulsel, Amson Padolo, Akademisi Unhas, Sawedi Muhammad, Aktivis Sosial yakni Dewi Hastuti Sjarief.


Ikram juga menjelaskan pihaknya akan menggelar duta siber di seluruh Kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Barat dalam waktu dekat.


"Program ini akan kami laksanakan di setiap daerah dan mengajak anak muda Gen Millenial, Z dan X untuk menjadi bagian dari Duta Siber ini," tandas Ikram.