Skip to main content

Bacaleg Terlambat Mendaftar, Ketua KPU Sinjai: Tidak Ada Kompensasi

PILCALEG 2019
Pendafaran Bacaleg dari salah satu Parpol di Aula Kantor KPU Sinjai. (KABAR.NEWS/Syarif).


KABAR.NEWS, Sinjai - Batas akhir pendaftaran bakal calon anggota DPRD kabupaten dan kota pada Pemilu 2019 jatuh pada hari ini, Selasa (17/7/2018). Tak ada perpanjangan pendaftaran bagi para bakal calon anggota legislatif.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Sinjai Muhammad Arsal Arifin di sela-sela menerima pendafaran Bacalaeg dari sejumlah Partai politik di Kantor KPU Sinjai, Jalan Bhayangkara Sinjai Utara, Kamis (17/7/2018).

"Tidak ada kompensasi waktu. Sampai sekarang kita sudah menyosialisasikan dan sudah tetapkan dalam peraturan KPU bahwa, pendaftran calon itu 4-17 Juli 2018. Jadi harus semua sebentar malam batas waktu jam 12:00 malam, hari terakhir, tinggal jamnya saja kita tunggu konfirmasi," ungkapnya.

Soal jadwal, kata dia, sudah tertera dalam PKPU nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

Dalam lampirannya, tertulis pendaftaran calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota berakhir pada 17 Juli 2018 dan dilanjutkan dengan verifikasi kelengkapan administrasi hingga 18 Juli 2018.

"Tahapan berikutnya adalah pengumuman hasil verifikasi administrasi hingga tanggal 21 Juli 2018. Setelah itu, para KPU bakal memberi waktu mulai 22-31 Juli 2018 untuk perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon pengganti anggota DPR RI, DPRD provinsi serta kabupaten dan kota," jelasnya.

Arsal pun mengingatkan agar parpol segera mendaftarkan para bacalegnya. Dia menegaskan, parpol yang tak mendaftarkan calegnya hari ini, berarti tidak ikut pemilu legislatif.

"Kami di sini cuma menjalankan tahapan sesuai dengan aturan yang ada, jadi ketika tidak datang mendaftar ya konsukuensinya tidak bisa ikut pemilu legislatif tahun 2019," tegasnya.

  • Syarif


loading...