Awalnya Cuma 7, Kini 200 Lebih Hewan Ternak di Jeneponto Positif PMK

- Tersebar di tiga kecamatan

Awalnya Cuma 7, Kini 200 Lebih Hewan Ternak di Jeneponto Positif PMK
Ilustrasi hewan ternak. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Angka positif virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan meningkat drastis. Padahal sebelumnya hanya 7 ekor saja.


Bupati Jeneponto Iksan Iskandar bercerita kasus PMK saat ini tercatat 200-an ekor. Itu ditemukan di tiga kecamatan yaitu Bangkala Barat, Bangkala dan Bontoramba.


"Sampai dengan data hari Senin kemarin dulu yah, iya kurang lebih 200-an memang yang masuk dan itu tersebar di 3 kecamatan," kata Iksan Iskandar kepada KABAR.NEWS di kantor Bupati Jeneponto, Rabu (20/7/2022).

Iksan menyebutkan, rata-rata hewan yang terjangkit dengan virus PMK ini didominasi ternak sapi dan kerbau.


Atas temuan ini, kata dia, pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Jeneponto bersama dengan dokter hewan sudah mulai turun ke lapangan untuk melakukan pendataan. 


Selain itu, proses pengobatan pada hewan diklaim sudah dilakukan. Ternak yang terjangkit dengan virus ini langsung dipotong dan dikuburkan supaya tidak menyebar.


"Tapi petugas kita dan seluruh dokter-dokter hewan sudah bergerak untuk melakukan pendataan dan pengobatan antara lain melakukan isolasi dan bahkan ada yang kita sudah potong dan dikuburkan," pungkas Iksan.

Penulis: Akbar Razak/B