Askar-Pipink Cabut Gugatan, KPU Bulukumba: Tunggu Putusan MK

Tanggal 15-16 Februari MK akan mebgeluarkan dismissal.

Askar-Pipink Cabut Gugatan, KPU Bulukumba: Tunggu Putusan MK
Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Askar HL-Arum Spink. (Foto: Dokumen)






KABAR.NEWS, Makassar - Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Askar HL-Arum Spink memutuskan mencabut gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK). Dicabutnya gugatan PHPU Pilkada Bulukumba saat sidang awal pembacaan jawaban termohon di MK, Kamis (4/2/2021).

Kuasa hukum Askar-Pipink, Jusman Sabir menyatakan mencabut gugatan PHPU di depan Ketua MK, Anwar Usman secara lisan. 

"Berdasarkan persetujuan dan perintah dari prinsipal, pada kesempatan ini, kami mewakili dari kuasa hukum prinsipil perkara 04 Bapak H Askar HL dan Arum Spink, dengan ini menyatakan Permohonan Perkara Nol Empat kami nyatakan mencabut yang mulia," ujarnya melalui keterangan tertulis kepada KABAR.NEWS

Sementara itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Syamsul mengaku sudah mengetahui jika Askar-Pipink mencabut gugatan PHPU Pilkada Bulukumba di MK. Meski demikian, pihaknya masih akan menunggu putusan MK terkait jadwal penetapan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba terpili, Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf.

"Tanggal 15-16 Februari, ada tahapan putusan dismissal yaitu keputusan dalam bentuk penetapan hakim MK. Selanjutnya kami tindak lanjuti untuk penetapan calon terpilih," tutur mantan jurnalis ini. 

Sebelumnya, Askar HL-Arum Spink sendiri mengajukan gugatan ke MK usai kalah dalam perolehan suara. Pasangan ini mengumpulkan 67.855 suara (28,6 persen) dan kalah dari pasangan Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf yang mendapatkan 92.978 suara (39,2 persen).

Gugatan ke MK terkait dugaan politik uang oleh rival mereka di Pilkada. Selain ke MK, paslon Askar-Pipink juga melayangkan laporan ke Bawaslu Sulsel, namun laporan mereka tidak terbukti.

Penulis: Darsil Yahya/B