Arham Basmin: Jangan Cederai Demokrasi dengan Politik Uang

Minta jaga ketertiban Pilkada 2020

Arham Basmin: Jangan Cederai Demokrasi dengan Politik Uang
Ketua DPD KNPI Provinsi Sulsel Arham Basmin. (HO)






KABAR.NEWS, Makassar - Ketua DPD I Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Arham Basmin, mengajak pemuda-pemudi untuk menolak praktik politik uang jelang Pilkada Serentak 2020.


"Jangan sampai juga pemuda justru sebagai bagian dari distributor money politik. Dan jika kita pemuda masih memaklumi pola-pola seperti itu, maka demokrasi kita ke depan masih begitu begitu saja," kata Arham dalam keterangan tertulis yang diterima KABAR.NEWS, Minggu kemarin.


Arham juga meminta para pemuda di Sulsel, harus menjaga kondusifitas jelang hari pencoblosan dengan tidak membuat gerakan massa yang berpotensi menganggu jalannya pilkada di minggu tenang ini.

Bagi Arham, tugas generasi muda memastikan pilkada berjalan dengan baik dan lancar. Jangan sampai mengambil posisi keliru.


"Misalnya, mana-mana ramai itu yang diikuti sehingga melakhirkan kekacauan jelang pencoblosan," beber eks Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu ini.


Pemuda, kata dia, seharusnya makin hari harus makin kritis, pemuda harus selalu hadir di tengah tengah aparat, penyelenggara untuk bahu membahu memastikan pelaksanaan pilkada tetap aman.


Arham berpesan, perhelatan pilkada adalah hanya momentum lima tahunan, pemuda yang terlibat didalamnya juga harus pintar dan memastikan tidak ada praktik kecurangan bersama timnya.


"Jangan kita pemuda yang hadir di situ justru memaki maki KPU, Bawaslu, aparat dan yang lain karena sebagai tim atau justru dia yang mengajak timnya beserta paslonnya melakukan kecurangan. Itu sangat tidak masuk akal dan mencederai demokrasi kita," pintah Arham.


"Saya ajak semua pemuda di Sulsel khususnya kota Makassar mari sukseskan pilkada 2020 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan menghindari money politik serta gesekan gesekan yang bisa merugikan masyarakat dan diri sendiri," tandas Arham.