Argentina Juara Piala Dunia, Mbappe Top Skor, Messi Pemain Terbaik

* Menang adu penalti

Argentina Juara Piala Dunia, Mbappe Top Skor, Messi Pemain Terbaik
Pemain Timnas Argentina mengangkat trofi Piala Dunia Qatar 2022 usai mengalahkan Prancis dalam adu penalti. (Twitter/FIFAWorldcup)

KABAR.NEWS, Makassar - Timnas Argentina menjadi juara Piala Dunia Qatar 2022 setelah mengalahkan Prancis dalam drama adu penalti (4-2) di Stadion Lusail, Qatar, Senin (19/12/2022) dini hari WITA.


Laga final Argentina vs Prancis harus berlanjut dengan adu penalti setelah bermain 3-3 hingga babak tambahan waktu.


Gol-gol Argentina pada waktu normal dicetak oleh Lionel Messi melalui titik putih menit 23. Kemudian digandakan oleh Angel di Maria (36') dan Messi kembali mencatatkan namanya pada menit 108.


Sementara tiga gol Les Bleus Prancis diborong oleh Kylian Mbappe. Pemain Paris-Saint Germain tersebut mmencacatkan namanya di papan skor pada menit 80, 81 dan 118 melalui sepakan penalti.


Saat adu penalti, kiper Argentina Emiliano Martinez, tampil gemilang dengan berhasil memblok tendangan pemain Prancis Kingslay Koman. 


Sementara, Aurélien Tchouaméni gagal mengeksekusi tendangan dua belas pas Prancis setelah sepakannya tidak tepat sasaran.


Kemenangan ini menambah bintang pada jersey Timnas Argentina menjadi tiga. Kapten tim, Lionel Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2022 dan Emiliano Martinez sebagai kiper terbaik.


Penghargaan pemain muda terbaik Piala Dunia 2022 diberikan kepada gelandang Argentina, Enzo Fernandez dan Kylian Mbappe sebagai top skor dengan koleksi 7 gol.