Aprilia Manganang akan Ganti Nama dan Dipindah Tugaskan TNI

Setelah dinyatakan sebagai laki-laki

Aprilia Manganang akan Ganti Nama dan Dipindah Tugaskan TNI
Aprilia Manganang saat membela tim voli putri Indonesia. (Instagram/apriliamanganang_)






KABAR.NEWS, Jakarta - Setelah dinyatakan berjenis kelamin laki-laki, Sersan Dua Aprilia Santini Manganang yang juga mantan atlet voli putri akan berganti nama dan kemungkinan dipindah tugaskan oleh TNI.


Hal itu diungkapkan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, yang menyebut Aprilia sejak lahir berjenis kelamin pria. Namun, Aprilia mengalami kelainan medis yang disebut hipospadia, yakni kelainan bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki saat dilahirkan.


"Direktur Hukum Angkatan Darat Brigjen TNI Tetty sudah menyiapkan seluruh dokumen-dokumen untuk membantu Sersan Manganang agar mendapatkan 
apa yang diinginkan," kata Andika.


"Dari nama sebelumnya, kepada nama yang nanti akan dipilih oleh Sersan Manganang dan orang tuanya," ucap Andika dikutip dari Antara.


Perubahan nama Aprilia bisa dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Kependudukan. Andika berharap Pengadilan Negeri Tondano akan memberikan dan menetapkan perubahan nama untuk Aprilia.


"Dengan harapan setelah ini Sersan Manganang bisa menjadi seseorang yang memang ditakdirkan untuknya," ujar Andika.


Aprilia masuk jajaran TNI AD sejak 2016 sudah menjadi bintara di komunitas ajudan jenderal. Namun, perubahan status ini membuat Aprilia kemungkinan besar akan dipindah posisinya.


"Kemungkinan besar kami akan tempatkan di Perbekalan dan Angkutan, atau bahkan di Kesehatan tergantung pada passion-nya Manganang ini lebih besar di mana," ucap Andika.