Skip to main content

Apple Pecat 200 Lebih Karyawan dari Kelompok Proyek Mobil Otonom

 Apple Pecat 200 Lebih Karyawan Proyek Mobil Otonom
Ilustrasi kantor Apple. (Getty Images)

KABAR.NEWS, Amerika Serikat - Perusahaan Apple baru saja pada minggu ini melakukan pemecatan besar-besaran terhadap karyawan yang bekerja pada Projcet Titan. 


Baca juga: Motorola RAZR akan Kembali Sebagai Smartphone Lipat Seharga Rp21 Juta

Menurut laporan CNBC, Apple memecat 200 lebih karyawan yang bekerja dalam kelompok kendaraan otonom pada Project Titan. Salah satu Juru Bicara Apple mengatakan, pemecatan ratusan karyawan dengan alasan yang disebut strategis.

 

"Kami memiliki tim yang sangat berbakat yang bekerja pada sistem otonom dan teknologi terkait di Apple. Ketika tim memfokuskan pekerjaan mereka pada beberapa bidang utama untuk 2019, beberapa kelompok sedang dipindahkan ke proyek-proyek di bagian lain perusahaan, di mana mereka akan mendukung pembelajaran mesin dan inisiatif lainnya, di seluruh Apple, " kata juru bicara itu, dikutip KABAR.NEWS, Kamis (24/1/2019).


"Kami terus percaya ada peluang besar dengan sistem otonom, bahwa Apple memiliki kemampuan unik untuk berkontribusi, dan bahwa ini adalah proyek pembelajaran mesin paling ambisius yang pernah ada."


Sebelum PHK besar-besaran tahun ini, Apple pada 2016 juga memberhentikan karyawan dari kelompok yang sama. Karyawan lain yang terkena dampak restrukturisasi Project Titan tinggal di Apple, tetapi pindah ke berbagai bagian perusahaan raksasa tersebut.


Menurut sumber CNBC, pada bulan Agustus, Apple meminta wakil presiden bidang teknik Tesla dan veteran Apple, Doug Field, untuk memimpin tim Titan bersama Bob Mansfield. Pemecatan minggu ini dari kelompok tersebut dilihat secara internal sebagai antisipasi restrukturisasi di bawah kepemimpinan yang relatif baru.


Baca juga: Oppo akan Luncurkan Ponsel Zoom 10x di MWC 2019

CEO Apple, Tim Cook telah menggembar-gemborkan inisiatif Apple di bidang kesehatan sebagai kunci menuju masa depan perusahaan. 


"Saya percaya, jika Anda  memperbesar masa depan, dan Anda melihat ke belakang, dan Anda mengajukan pertanyaan, Apa kontribusi terbesar Apple kepada umat manusia? Itu tentang kesehatan," kata Cook CNBC.


Venture dan investor strategis dari dunia otomotif tradisional telah menggelontorkan miliaran dolar untuk perusahaan baru yang mengembangkan kendaraan self-driving termasuk Zoox, Pony.AI, Aurora, May Mobility and Embark.