APBD Makassar 2024 senilai Rp5,73 difokuskan untuk Infrastruktur

Termasuk pembenahan jaringan kelistrikan

APBD Makassar 2024 senilai Rp5,73 difokuskan untuk Infrastruktur
Desain GOR Macca di Untia Makassar yang menjadi salah satu fokus pembangunan infrastruktur 2024. (IST/HMS)

KABAR.NEWS, Makassar - DPRD dan Pemkot Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menyapakati Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 senilai Rp5,73 triliun. Anggaran itu difokuskan untuk infrastruktur.


Pengesahan APBD 2024 itu diambil dalam Rapat Paripurna Penetapan APBD Tahun Anggaran 2024 yang berlangsung di Ruang Banggar DPRD Makassar, Rabu (29/11/2023) malam.


Berdasarkan keputusan, maka struktur APBD 2024 untuk Pendapatan Daerah Rp5,10 triliun dan Belanja Daerah Rp5,73 triliun.


Usai penetapan APBD TA 2024, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan baik antara DPRD dan Pemkot Makassar.


Ia pun merasa bersyukur sebab APBD TA 2024 ditetapkan sehari sebelum batas akhir penetapan sesuai peraturan perundang-undangan yakni paling lambat 30 November.


“Perdebatan dalam pembahasan APBD berlangsung dengan sangat baik. Namun semua bisa terakomodir,” singkat Danny Pomanto.


Danny Pomanto menyebutkan ada beberapa hal yang menjadi fokus di tahun depan. Diantaranya berupaya menciptakan pemilu damai.


Menjalankan seluruh program kerja yang sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 Kota Makassar yang telah memasuki tahun ke-4.


Terakhir yaitu bagaimana memberikan solusi terhadap persoalan yang belum selesai. Termasuk pembenahan infrastruktur, khususnya ducting sharing.


“Itu tiga hal yang dominan di tahun depan. Termasuk infrastruktur, misalnya kita fokus untuk kontruksi ducting sharing, bagaimana kita menata kabel-kabel di bawah tanah, sambil membenahi drainase dan pedestrian kita,” tutupnya.