Antisipasi Pohon Tumbang, DLH Makassar Gencar Pangkas Pohon

mencegah terjadinya insiden pohon tumbang di musim penghujan.

Antisipasi Pohon Tumbang, DLH Makassar Gencar Pangkas Pohon
Pohon Tumbang (Dok. Kabarnews)

KABAR.NEWS, MAKASSAR -- Musim Penghujan telah memasuki sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Olehnya itu, perlu antisipasi mengenai dampak terjadinya hujan yang disertai fenomena La Nina yang akan menambah intensitas curah hujan dan kecepatan angin. 

Khususnya di Kota Makassar, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar mulai mengintensifkan pemangkasan batang pohon yang rimbun. Kegiatan itu sebagai langkah antisipasi mencegah terjadinya insiden pohon tumbang di musim penghujan.

"Untuk mengantisipasi musim hujan ini, kami sudah siapkan tim yang berposko untuk menanggulangi pohon yang tumbang. Ini 24 jam anggota kami standby," kata Plt Kepala DLH Makassar, Mario Said saat ditemui, Rabu (18/11/2020).

Mario mengatakan pihaknya telah menghadirkan posko pengaduan yang melayani laporan masyarakat yang berhubungan dengan pohon tumbang dan pohon yang berpotensi tumbang.

Layanan pengaduan tersebut kata ia dapat diakses dengan menghubungi layanan call center 112. Mario berharap melalui posko ini, bisa meminimalisir dampak bencana. Karena segera diketahui dan ditindaki.
 

"Kita punya tim di posko untuk mengantisipasi pohon tumbang. Kita berharap juga warga waspada dengan kondisi kemungkinan cuaca ekstrem," paparjya.


Mario menambahkan, pohon yang berpotensi tumbang dan lebat juga akan dilakukan pemangkasan. Jika sifatnya mendesak setelah dilakukan peninjauan.

"Pada prinsipnya kita sudah lakukan hal antisipasi dan standby juga kalau misalnya ada pohon yang tumbang. Termasuk laporan dari warga, pohon yang perlu ditebang, ini juga jadi fokus kita," tambahnya.

Bahkan kata Mario, petugas DLH Kota Makassar sudah melakukan pemangkasan pohon yang sudah mulai menua di sejumlah jalan protokol. 

"Kita juga sudah menyisir beberapa ruas jalan untuk melakukan pemangkasan. Kemarin kita lakukan di malam hari di jalan sultan Alauddin, AP Pettarani dan jalan abdullah daeng sirua, " pungkasnya

Penulis: Fitria Nugrah Madani/B