Skip to main content

Antisipasi Kejahatan, Diskominfo Pangkep Pasang CCTV di Sejumlah Ruas Jalan 

cctv
Ruang monitoring CCTV Diskominfo Pangkep. (Kabar.News/Saharuddin)

KABAR.NEWS, Pangkep - Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep melalui Dinias Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pangkep, memasang Closed Circuit Television (CCTV) di berbagai ruas jalan raya.


Kepala Diskominfo Pangkep, Baharuddin mengatakan pihaknya telah memasang CCTV pada tujuh titik. Diantaranya area Taman Musafir, jalan poros serta di sekitar daerah Kalibone.


"Kita memasang CCTV memang untuk memantau aktifitas masyarakat. Kita ingin pangkep jadi lebih aman dan tertib,” katanya, Selasa (26/11/2019) 


Dia menjelaskan, CCTV tersebut aktif selama 24 jam dan secara otomatis terekam. CCTV ini terpasang pada titik titik rawan dan keramaian masyarakat. Fasilitas yang terus ditingkatkan oleh Diskominfo ini juga digunakan untuk mengawasi dan mengantisipasi perilaku kriminal yang mungkin terjadi.


Baca juga: 11 Tahun Mengajar di Daerah Terpencil, Zulkifli Hanya Digaji Rp100 Ribu Perbulan 


Seperti misalnya tindak asusila yang dapat terjadi di lokasi-lokasi tertentu dan sepi. Belum lagi misalnya terdapat sebuah tindak kejahatan, rekaman CCTV nantinya akan sangat membantu proses pengungkapan oleh aparat berwenang.


Sebelum memasang CCTV, pihak Diskominfo telah berkonsultasi dengan pihak terkait termasuk pihak kepolisian. "Salah satu fungsi utama CCTV ini, untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas),” tambahnya.


Kedepan lanjutnya, CCTV juga akan dipasang di area pasar dan juga darmaga angkutan antar pulau, Pangkajene. “Selain itu akan dipasangkan juga speaker agar kita bisa memonitor langsung masyarakat,” tutupnya.


*Saharuddin/Cp/B

 

loading...