Anggota DPR RI Muhammad Fauzi minta Penyebab Kerugian Garuda Diungkap ke Publik

Selama ini hanya dampak kerugian yang dibeberkan

Anggota DPR RI Muhammad Fauzi minta Penyebab Kerugian Garuda Diungkap ke Publik
Pesawat Garuda Indonesia. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)












KABAR.NEWS, Makassar - Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi meminta penyebab kerugian maskapai Garuda Indonesia hingga ratusan triliun rupiah diungkap kepada publik. 


Permintaan itu disampaikan Fauzi, karena sampai saat ini hanya dampak kerugian maskapai pelat merah tersebut yang disampaikan kepada publik.


Dampak kerugian itu antara lain, mulai opsi PHK karyawan melalui program pensiun dini, pemangkasan sejumlah rute penerbangan domestik dan internasional emiten dengan kode saham GIAA tersebut. 


"Pengurangan karyawan, pengurangan rute penerbangan itu semua karena dampak dari adanya kerugian yang nilainya sangat fantastis. Yang menjadi pertanyaanya sekarang apa yang menyebapkan PT Garuda ini merugi sebesar itu, apa yang menyebapkan hingga Garuda memiliki utang sebesar itu, ini yang belum terjawab dan masyarakat tentu ingin tahu akan hal itu," kata Fauzi dalam keterangan tertulis, Senin (15/11/2021).


Anggota Fraksi Golkar itu berpendapat, publik masih bingung dan bertanya tanya mengapa PT Garuda bisa sampai memiliki utang hingga ratusan triliun rupiah, padahal Badan Usaha Milik Negra itu setiap tahun juga mendapat suntikan dana dari APBN. 


"Akar masalahnya di mana, kenapa bisa merugi, pertanyaan itu yang harus dijawab. Sehingga pemerintah bisa mengambil langkah - langkah untuk menyelamatkan Garuda," tegas Fauzi yang juga suami Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani itu.


"Selama ini kan yang disampaikan kalau Garuda punya utang sekian, karena itu akan ada pengurangan karyawan bahkan ada opsi menutup maskapai ini. Tapi, penyebapnya tidak pernah terungkap. Harusnya diungkap dong,"sambung pria yang akrab disapa Abang Fauzi itu.


Fauzi berharap, Garuda Indonesia tetap bisa mengudara dan kembali menjadi raja di langit Asia. Dia menandaskan, pemerintah harus belajar dan mencari solusi dari masalah yang melilit Garuda.


"Harus ada solusi untuk menyelamatkan maskapai milik negara ini, kalau itu berhasil tentu ke depan dari permasalahan Garuda ini bisa menjadi role model untuk mengatasi permasalahan di BUMN lainya. Karena banyak BUMN yang setiap tahun disuntikkan uang negara tapi hasilnya justru menimbulkan utang," pungkasnya.