Anggaran Sarpras Pendidikan di Sinjai Barat Naik 7 Kali Lipat

Menjadi Rp6,7 miliar

Anggaran Sarpras Pendidikan di Sinjai Barat Naik 7 Kali Lipat
Musrenbang RKPD di Sinjai Barat, Sinjai, Senin (8/3/2021). (IST)






KABAR.NEWS, Sinjai - Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, telah menganggarkan peningkatan sarana dan prasarana (Sarpras) pendidikan sebesar Rp40 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).


Dari jumlah itu, Kecamatan Sinjai Barat mendapatkan jatah peningkatan Sarpras pendidikan sebanyak Rp6,37 miliar lebih atau naik 7 kali lipat dari tahun sebelumnya Rp987 juta.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa mengatakan, bantuan peningkatan Sarpras pendidikan ini diperuntukkan kepada 14 sekolah yang terdiri dari 2 Taman kanak-kanak (TK), 9 Sekolah dasar (SD) dan 3 sekolah menengah pertama (SMP). 


Menurutnya, jumlah ini terbilang meningkat berkali-kali lipat dari anggaran peningkatan Sarpras Pendidikan tahun 2020 lalu yang hanya sebesar Rp987 juta lebih untuk 8 sekolah di tingkat satuan pendidikan TK dan SD. 


"Alhamdulillah untuk kecamatan Sinjai Barat naik berlipat-lipat anggarannya tahun ini, dari Rp987 juta lebih menjadi Rp6,37 miliar lebih," kata Jefrianto saat menghadiri Musrenbang Kecamatan RKPD tahun 2022 di Aula Kantor Camat Sinjai Barat, Senin (8/3/2021) . 


Peningkatan jumlah bantuan Sarpras pendidikan itu, karena adanya sinkronisasi data dapodik pada satuan pendidikan yang ada, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan bantuan. 


Apalagi pihaknya sejak tahun 2020 lalu telah melakukan sinkronisasi data dapodik masing-masing satuan pendidikan yang ada Kabupaten Sinjai. 


"Inshaa Allah, tahun ini kita akan menyisir kembali atau melakukan survei kelayakan Sarpras dengan melibatkan PUPR sebagai tim teknis sesuai usulan yang masuk di Musrenbang RKPD tahun 2022. Jadi PUPR yang menilai kelayakan, dan dari situ akan kelihatan lagi berapa sekolah yang akan mendapatkan bantuan Sarpras kedepan," jelasnya. 


Di sebutkan Jefrianto, dari pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2022 jumlah usulan sekolah yang masuk sebanyak 21 satuan pendidikan dengan rincian, 18 SD dan 3 SMP. 


"Semuanya sudah kita upload ke aplikasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran atau‘Krisna'. Mudah-mudahan tahun depan semuanya juga terealisasi," harapnya. 


Peningkatan Sarpras pendidikan yang ada tahun ini, diharapkan dapat meningkatkan sekaligus menunjang kualitas pendidikan di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah Kabupaten Sinjai.


Penulis: Syarif/B