Andi Sudirman Tegaskan Luwu Raya Prioritas Pembangunan di Sulsel

* Disampaikan pada peringatan HPRL ke-77 

Andi Sudirman Tegaskan Luwu Raya Prioritas Pembangunan di Sulsel
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan pidato pada peringatan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-77 tahun. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman terus mendorong pembangunan di wilayah Luwu Raya yang meliputi tiga kabupaten dan satu kota. Hal itu sebagai komitmen dalam mewujudkan Pembangunan yang berkeadilan.


Dalam beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah mengalokasikan senilai Rp 818 Miliar lebih di Tana Luwu, yakni di Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Timur, dan Kabupaten Luwu Utara.


Hal itu disampikan Gubernur Andi Sudirman pada acara 755 tahun Kabupaten Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-77 yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila, Senin (23/1/2023). mengangkat tema “Ekonomi Tumbuh Tanah Luwu Sejahtera”.


“Alhamdulillah Luwu Raya dalam proyeksi startegis Sulsel, terbukti bahwa kami telah  melakukan beberapa pembangunan di beberapa wilayah Luwu Raya. Alhamdulillah, sekitar Rp 818 Miliar telah dialokasikan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk Luwu Raya,” ujar Andi Sudirman melalui video konference.


Tak hanya pembangunan melalui kewenangan provinsi, Andi Sudirman juga telah mengucurkan sejumlah bantuan keuangan untuk sejumlah pembangunan di Luwu Raya.


Diantaranya tahun 2022 lalu Pemprov Sulsel mengalokasikan bantuan keuangan untuk peningkatan jalan ruas Bonglo-Pantilang di Luwu; pembangunan jembatan Poringan di Luwu; peningkatan jalan beton ruas Pekaloa - Tole; dan sebagainya.


“Tana Luwu terus menjadi prioritas kami sebagai wujud komitmen pembangunan yang berkeadilan, baik di Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Timur dan Kabupaten Luwu Utara,” tegasnya.


“Beberapa fokus kita tahun ini, diantaranya pembangunan jalan Ruas Bua - Batas Kabupaten Toraja Utara di Luwu; rekonstruksi jalan Ruas Rantepao - Sa’dan - Batusitanduk di Luwu; rekonstruksi jalan ruas Ussu - Nuha - Beteleme - Batas Sulteng di Kabupaten Luwu Timur; dan sebagainya,” sebutnya.


Dirinya berharap dengan sinergitas bersama, dapat mewujudkan Tana Luwu untuk lebih baik. (*)