Anda Mahasiswa Asal Sinjai? Ini Syarat Terima Beasiswa dari Pemkab

Mendaftar ke Disdik Sinjai

Anda Mahasiswa Asal Sinjai? Ini Syarat Terima Beasiswa dari Pemkab
Kepala Sub Bagian (Kasubag) Program Dinas Pendidikan Sinjai, Muh. Adli Arifin. (KABAR.NEWS/ Syarif)

KABAR.NEWS, Sinjai - Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, memprogramkan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa yang berprestasi dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).


Hal tersebut diungkapkan oleh, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Program Dinas Pendidikan Sinjai, Muh. Adli Arifin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/11/2020).


Adli Arifin mengatakan, pemberian penghargaan bagi mahasiswa yang berprestasi merupakan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa - Andi Kartini dan dituangkan dalam adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 


Dinas Pendidikan Sinjai ditunjuk selaku OPD penyelenggara untuk pendaftaran penerimaan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi. Pada tahun ini program tersebut dialokasikan untuk 130 penerima.


"Target RPJM Dinas Pendidikan untuk penerima Beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi setiap tahunnya adalah 100 orang untuk S1, 20 orang untuk S2, dan 10 orang untuk S3, jadi totalnya sebanyak 130 orang setiap tahun," ujar Adli.


Adapun warga Sinjai berstatus mahasiswa yang dapat mengajukan permohonan beasiswa dengan kiteria berprestasi secara Akademik, Olahraga, Keagamaan, Kreativitas, Kelangkaan Profesi, Utusan Daerah.


Mahasiswa berprestasi Akademik, wajib memiliki indeks prestasi kumulatif atau IPK semester sesuai standar minimal 3,7 baik yang S1 dan S2.


Sementara, untuk beasiswa penyelesaian studi dengan kriteria mahasiswa aktif kuliah pada semester 7 atau 8 dengan memiliki IPK minimal 3,5 dan untuk S2 mahasiswa aktif kuliah semester 3 atau 4 dengan memiliki IPK 3,7 dengan sayarat mahasiswa yang tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain.


"Bantuan penyelesaian studi jumlah bantuan yang diberikan sebesar Rp3,2 juta per orang, yang sifatnya sekali saja diberikan bantuan," kata Adli.


Untuk pendaftaran program beasiswa ini, akan dibuka pada bulan November 2020 yang sebelumnya akan dilakukan sosialisasi. Sedangkan untuk tanggal atau jadwal pendaftaran disepakati bersama tim pansel dan sekertariat dalam rapat.

"Jadi semua perguruan tinggi yang terakreditasi B, semua mahasiswanya bisa menerima bantuan ini, terkecuali untuk Perguruan Tinggi yang terakreditasi C mahasiswanya tidak mendapatkan bantuan ini," ungkapnya.


Sementara, besaran dana yang diterima perorang berdasarkan berapa biaya SPP yang mereka bayar sesuai yang diatur dalam Perbup Nomor 33 sebagaimana yang diubah pada Perbup nomor 35.


"Jadi besaran yang diterima itu jumlahnya bervariasi, sesuai berapa jumlah pembayaran SPP di perguruan tinggi tempatnya menuntut ilmu," tandas dia.


Penulis: Syarif/A