Aktor Terbaik Piala Oscar William Hurt Meninggal Dunia

*Penyebab kematiannya belum diketahui

Aktor Terbaik Piala Oscar William Hurt Meninggal Dunia
Aktor William Hurt. (Foto: Associated Press/Rich Fury)






KABAR.NEWS, Makassar - Aktor pemenang piala Oscar William Hurt meninggal dunia pada Minggu (13/3/2022) waktu Amerika Serikat. Hurt wafat pada usia 71 tahun.


Melansir kantor berita Antara, Senin (14/3/2022), Hurt dikenal melalui film-film populernya di tahun 80-an seperti "Body Heat", "Kiss of the Spider Woman", "Children of a Lesser God" dan "Broadcast News".


Hurt dilaporkan menghembuskan nafas terakhir di rumahnya di Portland, Oregon, kata salah satu dari tiga putranya, Will, kepada The Hollywood Reporter. Dia tidak membocorkan penyebab kematiannya.


Terlatih di atas panggung, Hurt membuat debutnya di layar lebar sebagai psikopatologis terobsesi yang bereksperimen dengan deprivasi sensorik dan tangki pengapungan di "Altered States" (1980) yang ditulis oleh Paddy Chayefsky, disutradarai oleh Ken Russell.


Setahun kemudian, dia mendapatkan pengakuan ketika memerankan karakter pengacara dalam film thriller noir "Body Heat", yang dipimpin oleh Lawrence Kasdan dalam debut penyutradaraannya.


Selanjutnya, Hurt menonjol dalam pemeran ansambel yang luar biasa sebagai veteran Perang Vietnam yang rusak secara emosional dalam "The Big Chill" (1983), yang juga disutradarai oleh Kasdan.


Hurt menerima banyak pujian kritis dan piala Oscar untuk perannya sebagai Luis Molina di "Kiss of the Spider Woman" (1985), yang disutradarai oleh Hector Babenco.


Ia dinominasikan untuk aktor terbaik lagi di masing-masing dua tahun berikutnya untuk karyanya sebagai James Leeds, seorang guru di sekolah untuk gangguan pendengaran, di "Children of a Lesser God" (1986) karya Randa Haines; dan sebagai pembawa berita Tom Grunick di "Broadcast News", disutradarai oleh James L. Brooks.