Aktivis HMI Dukung KNPI Laporkan Abu Janda

Kasus Dugaan Rasis

Aktivis HMI Dukung KNPI Laporkan Abu Janda
Wasekjend PB HMI Hasan Basri Baso. (IST)






KABAR.NEWS, Makassar - DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) telah melaporkan pegiat media sosial, Permadi Arya atau Abu Janda ke Bareskrim Polri pada Kamis, (28/1/2021) atas kasus dugaan rasisme.


KNPI melaporkan Abu Janda karena cuitannya di twitter yang dinilai rasis terhadap Mantan Anggota Komnas Hak Asasi Manusia (HAM), Natalius Pigai.

Pelaporan KNPI tersebut mendapat dukungan dari berbagai kalangan termasuk Mantan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar, Hasan Basri Baso.


Hasan mengatakan, langkah KNPI sudah tepat untuk meminimalisir adanya tindakan rasis baik secara langsung atau tidak langsung, yang dapat bisa merusak kebhinekaan Indonesia.


"Kita dukung pastinya (KNPI) atas laporan ini karena Indonesia harus dijaga agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga," kata Hasan Basri dalam keterangan tertulisnya, Kamis.


"Bukan untuk diperdebatkan soal statement saya, tapi ini bentuk kepedulian kita terhadap persatuan bangsa." tambahnya.


Hasan juga menawarkan, agar KNPI mengajak seluruh elemen organisasi kepemudaan khususnya kelompok Cipayung untuk bisa melakukan konsolidasi terkait kasus ini.


"Kalau perlu KNPI undang semua OKP agar bisa lebih massif mengawal kasus ini karena sudah meresahkan masyarakat Indonesia." tegasnya.


"Sekali lagi ini support saya sebagai aktivis pemuda karena bagaimana pun sebagai aktivis tidak ingin ada terjadi lagi rasisme kepada siapa pun," tandas Wasekjend PB HMI Ini.