Skip to main content

Akhirnya, CVR Lion Air JT 610 Ditemukan di Kedalaman 8 Meter Dasar Laut

Lion Air
Lion Air.(INT)


KABAR.NEWS, Jakarta - Pencarian Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang jatung diperairan Karawang akhirnya membuahkan hasil. Penemuan CVR tersebut dibenarkan Kadispen Komando Armada (Koarmada) I, Letkol Laut (P) Agung Nugroho.


Agung menjelaskan CVR yang terpasang di Lion Air JT 610 ini ditemukan di kedalaman 8 meter di bawah dasar laut atau 30 meter.  


Baca Juga:


"CVR Lion Air JT 610 pada pukul 09.10 WIB yang berhasil ditemukan Tim Penyelam (Kopaska & Dislambair) Koarmada I, pada kedalaman 8 meter di bawah dasar laut (kedalaman laut 30 meter)," ungkapnya dikutip dari detikcom, Senin (14/1/2019).


Agung mengaku CVR Lion Air yang sudah ditemukan, saat ini sudah diamankan dalam kapal dan akan dibawa ke Satuan Komando Pasukan Katak Armada I di Pondok Dayung, Jakarta Utara. 


Sekedar diketahui, pesawat Lion Air tujuan Pangkalpinang itu jatuh pada 29 Oktober 2019. Pesawat lepas landas pada pukul 06.20 WIB dan membawa 189 orang.


Pesawat ini sempat meminta balik lagi ke bandara semula alias return to base. Lembaga pelayanan navigasi penerbangan AirNav membukakan jalan. Namun, pada pukul 06.32 WIB, pesawat itu hilang kontak di perairan Karawang. FDR Lion Air PK-LQP ditemukan pada 1 November 2018. FDR ini dianalisis KNKT.