Skip to main content

Akhir 2019, Pemerintah Inggris Luncurkan Mobil Tanpa Pengemudi

Inggris Siap Luncurkan Mobil Tanpa Pengemudi pada Akhir 2019
Mobil tanpa pengemudi yang diproduksi Torc. (Torc.ai)

KABAR.NEWS, London - Pemerintah Inggris mengumumkan akan meluncurkan dan menguji mobil tanpa pengemudi pada akhir 2019. Uji coba ini pertama kalinya dilakukan pada skala terbatas di Amerika Serikat.


Baca juga: Mobil Tanpa Pengemudi Diprediksi Semakin Memacetkan Lalu Lintas Perkotaan

Menteri Transportasi Inggris, Jesse Norman  mengatakan rencana peluncuran mobil tanpa pengemudi akan mendorong Inggris ke garis depan industri otomotif.


"Berkat laboratorium penelitian kelas dunia Inggris, negara ini berada di barisan depan pengembangan teknologi transportasi baru, termasuk otomatisasi," kata Jesse Norman, dikutip dari The Independent, Kamis (7/2/2019).


"Pemerintah mendukung uji coba teknologi ini yang aman dan serta dapat mengubah cara kita bepergian," tambah Norman.


Uji coba mobil tanpa pengemudi  di jalan-jalan Inggris pada akhir 2019, menurut laporan tersebut, membantu upaya pemerintah dalam meramaikan mobil tanpa pengemudi di jalan raya yang ditarget 2021.


Hanya saja rencana peluncuran dan uji coba mobil tanpa pengemudi di Inggris, menuai kekhawatiran dari sisi keamanan. Para para cyber mengkhawatirkan terjadinya peretasan terhadap mobil tanpa pengemudi.


Baca juga: Bobol ATM Bank Cina dan Menarik Uang Jutaan Dollar, Pria Ini Justru Dimaafkan

"Salah satu masalah kritis yang kurang diperhatikan adalah risiko yang sangat jelas bahwa mobil tanpa pengemudi terkena serangan cyber, yang konsekuensinya dapat menjadi bencana," Pendiri perusahaan investasi keamanan cyber Oxx, Richard Anton, kepada The Independent.


"Karena itu prioritas utama harus memastikan bahwa pertahanan keamanan siber yang tepat dikerahkan sehingga teknologi yang luar biasa dan inovatif ini tidak menjadi korban peretas."

 

loading...