Akademisi dan Profesional Jadi Panelis Debat Pilkada Maros

Digelar Besok

Akademisi dan Profesional Jadi Panelis Debat Pilkada Maros
Komisioner KPU Maros Syahruddin. (KABAR.NEWS/Fahrul)

KABAR,NEWS, Maros - Debat perdana pasangan calon Pilkada Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, akan digelar di Hotel Gammara pada Rabu, 28 Oktober 2020. 


KPU penyelenggara telah menyiapkan panelis. Rencananya, debat paslon Pilkada Maros akan digelar sebanyak dua kali. 


"Debat ini akan disiarkan langsung di iNews TV sebagai media parner penyiaran," ujar Komisioner KPU Maros Syahruddin, Selasa (27/10/2020).


Syahruddin melanjutkan, selain disiarkan langsung melaui TV, debat nantinya akan disiarkan langsung melalui live streaming di Youtube, Facebook dan siaran tunda dapat disaksikan di TV, debat ini menghadirkan panelis sebanyak 4 orang.


Adapun tema debat pertama Pilkada Maros yang diikuti tiga pasangan calon yaitu, Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat dan Memajukan Daerah.


Empat panelis yang ditunjuk KPU Maros pada debat nanti akan memberikan pertanyaan, sanggahan dan menguji kemampuan konsep para kandidat. 


"Moderator dan panelis yang kita ambil dari luar Maros, agar independensi tetap terjaga, para panelis yang kami ambil tentu adalah akademisi yang profesional, dengan demikian kami menjamin pelaksanaan debat nantinya akan berjalan dengan maksimal dan berkualias," lanjut Syaharuddin. 


Ia menambahkan, KPU sengaja mengambil para panelis dan moderator dari luar Maros, untuk menjaga independensi, dan netralitas panelis. Sementara itu mengenai kepesertaan Ia mengatakan, debat nantinya akan dilangsungkan secara terbatas.


"Dari para calon itu kita membatasi hanya 6 orang dari masing-masing pasangan calon, yakni dua pasangan calon dan orang 4 tim," tandas dia.


Penulis: Fahrul/B