Airlangga: Cegah Lonjakan Kasus dengan Vaksinasi dan Kesiapan Faskes

- Mengingat mobilisasi masyarakat meningkat dan varian baru

Airlangga: Cegah Lonjakan Kasus dengan Vaksinasi dan Kesiapan Faskes
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ekon.go.id)






KABAR.NEWS, Jakarta - Pemerintah memfokuskan kesiapan fasilitas kesehatan (Faskes) dan mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 untuk mencegah lonjakan kasus positif pasca ditemukannya varian Omicron.


Menteri Koordinator Bidang  Perekonomian Airlangga Hartarto sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 harus senantiasa diantisipasi, mengingat mobilitas masyarakat yang terus meningkat menjelang Natal dan tahun baru.


"Kita berharap gelombang ketiga tidak terjadi di Indonesia. Namun, karena adanya varian virus baru dan mobilisasi penduduk yang meningkat dari hari ke hari, maka harus senantiasa diantisipasi. Vaksinasi dan kesiapan fasilitas kesehatan harus terus ditingkatkan,” kata Airlangga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (17/12/2021) seperti dikutip Antara.


Hal itu dikatakan Airlangga saat menghadiri secara virtual serah terima bantuan oksigen generator dan kompresor dari KBRI Singapura dan Diaspora Indonesia di Singapura kepada RSUD Kabupaten Bekasi, Jumat. 


Airlangga mengatakan kesiapan fasilitas kesehatan (faskes) seperti ketersediaan oksigen medis di rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 di seluruh Indonesia merupakan hal yang krusial. 


Kesiapan tersebut diperlukan untuk mengantisipasi kondisi kedaruratan dalam merawat pasien dengan gejala sedang dan berat.


Airlangga mengapresiasi rekan-rekan KBRI Singapura dan Diaspora Indonesia di Singapura atas kontribusi nyata mereka dalam penanganan Covid-19 di Indonesia melalui penggalangan dana yang telah dilakukan.


"Melalui penggalangan dana tersebut, saat ini kita salurkan menjadi bantuan oksigen generator dan kompresor kepada 12 RS di 8 provinsi di Indonesia. Termasuk salah satunya untuk RSUD Kabupaten Bekasi," ujar Airlangga.


Terkait dengan realisasi vaksinasi, Airlangga menjelaskan dari total 208,3 juta sasaran vaksinasi telah dilakukan vaksinasi dosis 1 sebanyak 71,12 persen dan dosis 2 tercatat sebanyak 50,06 persen hingga 15 Desember 2021. Selain itu, untuk vaksinasi dosis 3 bagi tenaga kesehatan telah terlaksana sebanyak 85,91 persen.


Penulis: Irvan Abdullah/C