Skip to main content

Agar Tidak Mudah Lapar Saat Berpuasa, Yuk Coba Makanan Ini Saat Sahur

makanan
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Berpuasa merupakan salah satu kewajiban yang mesti dijalankan umat Islam di seluruh dunia saat bulan Ramadan. Berpuasa mengharuskan seseorang untuk menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 12 jam.

Tidak heran jika selama proses berpuasa, tubuh akan menjadi lemas karena kekurangan asupan makanan. Apalagi jika telah masuk waktu siang, rasa lapar sudah mulai menyerang.

Maka dari itu, sangat penting memperhatikan asupan makanan saat menyantap sahur. Hal ini agar saat berpuasa seseorang tidak mudah mengalami rasa lapar berlebih sehingga mengganggu aktivitas harian.

Melansir dari laman The Daily Meal, ini dia makanan yang bikin rasa kenyang awet saat melaksanakan ibadah puasa. 

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang polong, dan kacang pinto mengandung protein nabati dan serat yang bernutrisi bagi tubuh. Bahkan, kacang-kacangan juga diklaim mampu membantu menurunkan berat badan karena memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Telur

Sebuah studi menemukan bahwa responden yang mengkonsumsi telur memiliki kadar ghrelin atau hormon yang menstimulasi nafsu makan lebih rendah. Dan terjadi peningkatan pada kadar hormon PPY, yakni hormon yang membantu perut merasa kenyang.

Protein tanpa lemak

Sejumlah makanan seperti salmon, ayam, atau kalkun mengandung protein dengan kandungan lemak yang rendah. Makanan ini lebih lambat untuk dicerna oleh tubuh, sehingga dapat menyebabkan rasa kenyang yang lebih lama.

Selain itu, sebuah riset juga menemukan bahwa orang-orang yang kekurangan protein rendah lemak cenderung makan lebih banyak dan mengalami peningkatan berat badan.

Oatmeal

Merupakan olahan gandum yang kaya akan serat, oatmeal juga memiliki kadar lemak yang rendah. Paduan keduanya dapat menstabilkan tingkat gula darah sehingga mencegah kita cepat lapar. Selain itu, mengonsumsi oat secara rutin juga dapat menjaga kesehatan jantung kita.

Raspberry

Setelah menyantap menu makan berat saat sahur, jangan lupa untuk melengkapinya dengan buah raspberry. Kandungan seratnya yang tinggi akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Bukan itu saja, raspberry juga kaya akan vitamin dan nutrisi, mulai dari vitamin C dan B kompleks, besi, magnesium, hingga antioksidan.