Skip to main content

Agar Otak Tetap Sehat, Yuk Terapkan Kebiasaan Ini

otak
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Otak yang sehat merupakan kunci bagi seseorang dalam berpikir dan memutuskan sesuatu dengan baik. Namun, sejumlah faktor terkadang membuat seseorang sulit berpikir dengan baik. Biasanya faktor kelelahan bisa menjadi alasan mengapa otak kadang tidak bekerja dengan baik.

Melansir dari laman Lifealth, berikut ini sejumlah cara agar otak tetap sehat dan tetap berenergi, sehingga membantu seseorang berpikir dengan baik:

Game teka-teki dan kata-kata

Memainkan teka-teki atau permainan kata bermanfaat untuk menjaga otak tetap berenergi dan membuatnya tetap sibuk. Tujuan bermain adalah untuk menantang pikiran. Ini membantu menjaga pikiran tetap aktif. Tidak semua game otak meningkatkan IQ Anda. Tapi, dengan game, otak Anda jadi lebih sehat. Anda merasa menikmati sesuatu yang lebih baik.

Rutinitas tidur sehat

Tidur juga merupakan jenis aktivitas yang menenangkan pikiran. Pentingnya tidur tidak dapat ditolak dengan cara apa pun. Ketika Anda telah tidur dengan benar, itu membantu Anda meningkatkan fokus, meningkatkan memori, dan meningkatkan kemampuan untuk berpikir. Sementara untuk membuat otak berenergi untuk keesokan harinya, perlu tidur sedikitnya delapan jam.

Bacaan

Membaca merupakan aktivitas menarik yang punya segudang manfaat. Tidak hanya mendapatkan banyak informasi, tetapi juga membantu seseorang mendapatkan solusi cerdas dalam mengatasi masalah. Sebab, lebih banyak informasi, Anda dapat berbicara dengan siapa pun dan tentang topik apa pun. Jadi, membaca juga membantu otak Anda sehat.

Menghafal dan mengingat

Ketika melatih ingatan, saat itulah Anda melatih otak. Anda dapat mengambil beberapa latihan memori atau mulai dengan beberapa permainan memori. Atau setidaknya menghafal ayat-ayat dari kitab suci.

Bertemu orang baru

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu sangat bergantung dengan orang lain. Karena itu, sebaiknya luangkan waktu untuk aktif bersosialisasi dengan orang di sekitar sehingga membantu otak menjadi lebih aktif dan berenergi.