Skip to main content

Adnan Warning 174 Perusahaan yang Tak Miliki NPWP Gowa

bupati adnan
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (KABAR.NEWS/Afrilian Cahaya Putri)

KABAR.NEWS, Gowa - Sebanyak 174 perusahaan di Gowa yang berdiri dan tidak memiliki NPWP Gowa mendapat peringatan dari Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Hal ini ditegaskan Bupati Adnan usai menyerahkan empat buah Ranperda kepada Legislatif Gowa belum lama ini.

"Kami telah mengidentifikasi sekitar 174 perusahaan yang berdiri di Gowa, tetapi tidak memiliki NPWP Gowa. Kalau Ranperda ini sudah disahkan, maka Pemkab Gowa bersama Kepolisian, Kejaksaan dan Kodim bisa memastikan status perusahaan ini untuk mengubah NPWP-nya menjadi NPWP Gowa," tegas orang nomor satu di Gowa ini.

Menurut Adnan, kebijakan tersebut bukan hal yang sulit untuk dilakukan perusahaan. "Selama ini perusahaannya di Gowa, tapi membayar pajak di Makassar. Nah yang kita mau itu bayar pajaknya bukan di Makassar, tapi di Gowa. Karena usahanya di Gowa. Saya berharap di dalam Ranperda ini nanti para pengusaha yang tidak mau mengganti NPWP-nya disanksi," jelasnya.

Terpisah, terkait penyerahan Ranperda pendaftran wajib pajak, cabang atau lokasi bagi pengusaha, Ketua DPRD Gowa, Andi Muh Ishak yang dikonfirmasi menuturkan, jika Ranperda ini paling menarik yang diusulkan Pemkab Gowa.

"Ranperda ini sangat menarik untuk kita bahas. Sebab dengan adanya Ranperda ini, otomatis jika berhasil akan meningkatkan pendapatan daerah di Kabupaten Gowa," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi bersama instansi terkait dan mengadakan rapat bersama panitia khusus. "Kita berharap segera mungkin perda ini bisa disahkan. Kita juga akan memanggil perusahaan yang ada di Gowa tapi tidak memiliki NPWP Gowa. Insya Allah rapat itu akan kami lakukan setelah hari jadi Gowa," tutup Andi Ishak.

  • Afrilian Cahaya Putri


loading...