Skip to main content

Ada Hotel di Makassar Tunggak Pajak Rp6 Miliar, The Rinra?

Pj Wali Kota Makassar
Sosialisasi Kepatutan Wajib Pajak Daerah yang digelar Badan Pendapatan Daerah, di Hotel Singgasana Makassar, Rabu (14/8/2019). (ist)


KABAR.NEWS, MAKASSAR - Koordinator Supervisi dan Pencegahan Korupsi (Korsugah) KPK RI, Aldiansyah Malik Nasution, menyebutkan ada beberapa hotel berbintang yang masih menunggak pajak. Bahkan ada yang mencapai Rp6 Miliar.


Hal itu disampaikannya saat menghadiri Sosialisasi Kepatutan Wajib Pajak Daerah yang digelar Badan Pendapatan Daerah, di Hotel Singgasana Makassar, Rabu (14/8/2019). Beberapa wajib pajak di Makassar juga hadir di kegiatan tersebut.

 

"Kalau setorannya kurang,  yah periksa. Jangan ditunggaki. Ada beberapa hotel yang menunggak pajak, nanti saya bacain satu-satu. Saya sudah nafsu," tegasnya.

 

Ia mengungkapkan, ada hotel bintang lima yang sejak Juni 2018 belum membayar pajak daerah. Angkanya mencapai Rp6 Miliar.

 

"Sudah sejak Juni 2018, artinya 12 bulan menunggak. Ada sekitar Rp6 miliar yang belum dibayarkan. Inisialnya R, kemudian ada juga hotel yang ada di Jalan Urip Sumoharjo inisialnya K terdiri dari 7 huruf, saya sebut saja, Hotel Kamanre," ungkapnya sambil mencari perwakilan dari hotel tersebut.  

 

Tak hanya itu,  dalam kesempatan tersebut, Choki sapaan akrab Aldiansyah Malik, juga meminta kepada pengurus PHRI untuk tegas mengingatkan kepada sejumlah hotel dan resto, untuk membayar pajak. 

 

"Tolong Ketua PHIR Pak Anggiat sampaikan ke anggotanya, banyak yang belum bayar pajak," tandasnya.  

 

Ia berharap, sejumlah hotel yang menunggak pembayaran pajaknya itu, dalam waktu dekat bisa segera diselesaikan."Serahkan dong kepada pemda. Saya harap besok diselesaikan secara adat. Jangan ditunda-tunda. Apalagi digunakan untuk berbisnis," pungkasnya.

 

Sementara, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, yang ditemui saat acara berlangsung mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan stake holder yang ada agar segera dituntaskan dan tidak lagi menjadi alasan untuk mangkir dari pajak.

 

"Kendala-kendala yang disebutkan akan coba ditelusuri kebenarannya, lalu akan ditindaki langsung. Ini semua agar pelaku bisnis sadar akan pentingnya membayar pajak dan tidak ada lagi alasan untuk menghindar," ungkap Iqbal.

 

Sekedar diketahui, hotel berbintang lima yang ada di Kota Makassar berinisial R adalah The Rinra, yang terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Mariso. Hotel ini berada di bawah naungan Phinisi Hospitality.


*Frandi
 

 

loading...