ACC Sulawesi Pertanyakan KPK Soal Pemindahan Tersangka Suap Gubernur Sulsel 

KPK hingga saat ini belum menjelaskan terkait pemindahan Agung Sucipto ke Lapas Makassar.

ACC Sulawesi Pertanyakan KPK Soal Pemindahan Tersangka Suap Gubernur Sulsel 
Direktur ACC Sulawesi, Kadir Wokanubun. (Foto: Dokumen KABAR.NEWS)






KABAR.NEWS, Makassar - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disoroti ihwal pemindahan tersangka suap Agung Sucipto ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Makassar. Penyuap Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) nonaktif Nurdin Abdullah itu diketahui, dipindahkan dari rumah tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, pada Senin, (26/4/2021). 

"Publik belum mendapatkan alasan yang kuat dibalik perpindahan tahanan tersebut," kata Direktur ACC Sulawesi, Abdul Kadir Wokanubun kepada wartawan saat dikonfirmasi, Jumat (30/4/2021).

Kata Kadir, publik hingga saat ini masih bertanya-tanya, alasan apa yang sesungguhnya melatarbelakangi pemindahan tersangka Agung Sucipto ke Lapas di Kota Makassar tersebut.

"Apakah karena keinginan KPK ataukah keinginan pihak tersangka AS. Hal ini penting kiranya KPK menjelaskan ke publik alasan dibalik pemindahan tersebut," ungkapnya. 

Kadir juga menduga, pemindahan tersangka Agung Sucipto merupakan suatu isyarat bahwa seluruh proses perjalanan perkara akan dilaksanakan di Makassar. Khususnya proses persidangan. 

"Kami menilai ini pertanda bahwa kasus yang melibatkan tersangka AS akan disidangkan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Makassar," tandasnya Kadir. 

Penulis: Reza Rivaldy/B