Skip to main content

7 Pelaku Perkosa Mahasiswi Makassar Peragakan Puluhan Adegan

Rekonstruksi
Sejumlah pelaku pemerkosaan saat  melakukan prarekontruksi di tempat kejadian perkara, di salah satu hotel di Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.(Kabar.news/Reza)

KABAR.NEWS, Makassar - Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor (Polsek) Panakkukang melakukan pra-rekontruksi kasus pemerkosaan terhadap seorang mahasiswi di salah satu hotel di bilangan Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Senin (21/9/2020). Itu dilakukan guna menentukan status para pelaku yang sudah diamanakan.


Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Panakkukang, Iptu Iqbal Usman mengatakan, dalam pra-rekontruksi itu, kurang lebih ada puluhan adegan yang diperagan para pelaku.


"Kurang lebih 20 adegan, yang diduga ada kaitannya dengan perkara ini (pemerkosaan). Pelaku ada tujuh orang. Satu seorang perempuan dan enam orang laki-laki," kata Iqbal kepada wartawan usai prarekonstruksi, petang tadi.


Iqbal menjelaskan, prarekonstruksi digelar untuk mengetahui sejauh mana peran seluruh pelaku dalam kasus ini. Khususnya peristiwa awal saat korban sedang mabuk kemudian masuk ke dalam kamar karena dibujuk salah satu pelaku perempuan berinisial SW (21).


Berita Terkait: Pulang Dugem, Mahasiswi di Makassar Diperkosa 7 Pria


Sementara enam pelaku pria lainnya masing-masing adalah US (21), MI (23), AF (22), MF (26), MA (20) dan MB (25). Selain para pelaku, pihak hotel juga dihadirkan dalam prarekonstruksi yang dilakukan.


"Tentunya hasil dari ini kemudian kita kaitkan dengan hasil pemeriksaan dari pada pihak-pihak yang ada kaitannya dengan perkara ini dan pihak hotel serta alat bukti lainnya untuk menentukan status dari ketujuh orang ini," jelas Iqbal.


Setelah prarekonstruksi, pihak kepolisian bakal segera gelar perkara untuk menetapkan sejumlah tersangka. Penyidik telah menyita barang bukti, termasuk rekaman CCTV di tempat hiburan malam (THM) dan hotel. Lokasi itu, menjadi tempat awal korban mabuk.


"Mereka semua ada di tempat kejadian perkara (TKP) pada saat kejadian bersama-sama korban. Makanya kami dalami keterangannya masing-masing. Intinya semua ada peranannya dalam kejadian ini," ungkap Iqbal.


Saat ini, seluruh pelaku masih ditahan di Kantor Polsek Panakkukang untuk diperiksa lebih lanjut. Penyidik, akana menggunakan Pasal 289 KUHPidana tentang pencabulan. Mereka terancam lima tahun penjara.


Sebelumnya diberitakan, Polsek Panakkukang berhasil menangkap 7 orang yang diduga terlibat dalam aksi pemerkosaan terhadap seorang mahasiswi di Kota Makassar. Satu diantaranya merupakan wanita.


Kanit Reskrim Polsek Panakkukang, Iptu Iqbal Usman mengatakan, para pelaku diamankan pihaknya di berbagai wilayah di Kota Makassar, pada Minggu (20/9/2020) malam.


"Kami mengamankan 7 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki, 1 orang perempuan yang diduga ada kaitannya dengan tindak pidana ini (pemerkosaan)," jelasnya kepada wartawan di kantornya.


Iqbal megatakan pihaknya sementara ini masih mendalami peran masing-masing pelaku."Ke-7 orang ini kita amankan di tempat-tempat berbeda, semalam kita amankan, sementara kita periksa,"ungkapnya.


Adapun para pelaku yang diamankan pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Panakkukang, masing-masing berinisial UF (21), MI (23), AF (22), MF (26), NA (20), MIB (25), dan seorang wanita inisial SW (21).


Penulis : Reza Rivaldy/A

 

Flower

 

loading...