54 Kades di Sinjai Berakhir Jabatannya, Inspektorat Temukan Banyak Masalah Keuangan

Laporan hasil pemeriksaan

54 Kades di Sinjai Berakhir Jabatannya, Inspektorat Temukan Banyak Masalah Keuangan
Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Sinjai, Andi Adeha Syamsuri. (KABAR.NEWS/Syarif)






KABAR.NEWS, Sinjai - Inspektorat Daerah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, telah menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) keuangan 54 desa yang telah berakhir masa jabatannya.


Dari hasil pemeriksaan tersebut, masih ada sejumlah temuan yang belum ditindak lanjuti oleh pemerintah desa.


Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Sinjai, Andi Adeha Syamsuri mengatakan, temuan yang dimaksud yakni pengembalian uang ke kas desa, pengelolaan administrasi desa, bumdes dan pajak.


"Tim inspektorat akan kembali turun ke desa-desa untuk menindaklanjuti hasil temuan tersebut. Apakah temuan itu telah ditindaklanjuti atau belum," ujar Adeha Syamsuri kepada KABAR.NEWS, Selasa (21/9/2021).


Hanya saja, Adeha enggan membeberkan berapa jumlah temuan tersebut dan nama desa yang dimaksud karena sementara dikomplikasi oleh tim.


"Yang pastinya ada beberapa desa ada temuan, namun untuk total keseluruhan desa saya belum tahu pasti," tambahnya.


Menurut Adeha, jika temuan-temuan tersebut tidak ditindak lanjuti oleh pemerintah desa, maka Inspektorat memastikan tidak akan mengeluarkan surat bebas temuan untuk para mantan kepala desa yang bermasalah tersebut jika ingin maju kembali bertarung di Pilkades nantinya.
 

"Tetapi sepanjang temuan itu telah ditindak lanjuti (dilakukan pengembalian), maka kami pasti akan mengeluarkan rekomendasi bebas temuan karena temuannya tetap akan dikembalikan ke kas desa," tutupnya.


Penulis: Syarif/A