Skip to main content

5.144 Mahasiswa dari Lombok Dapat Beasiswa dari Jokowi

Jkw
Joko Widodo. (Int)

KABAR.NEWS, Lombok - Sebanyak 5.144 mahasiswa korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapat beasiswa dari pemerintah.

Penyerahan beasiswa tersebut diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di halaman luar Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok Tengah, NTB, Kamis (18/10/2018). 

Ada tujuh mahasiswa yang mendapatkan kesempatan untuk menerima langsung beasiswa dari Kepala Negara itu.

Jokowi berharap, berbekal beasiswa tersebut, 5.144 mahasiswa di NTB bisa melanjutkan kuliah hingga rampung. Dengan begitu, tidak ada lagi alasan untuk menunda perkuliahan.

"Selamat belajar. Jangan sampai, dengan alasan gempa, Saudara-saudara nggak belajar. Tetap harus belajar. Saya titip ini," kata Jokowi.

Sementara itu, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Intan Ahmad mengatakan beasiswa tersebut diberikan melalui skema bidik misi dan peningkatan prestasi akademik (PPA). Dengan rincian, sebanyak 2.195 mahasiswa untuk skema bidik misi dan 2.949 mahasiswa untuk PPA. 

"Dari komposisi tempat studi, 4.275 mahasiswa yang studi di Unram, 34 PTS di NTB, dan 869 mahasiswa asal NTB yang sedang studi di luar NTB dari 74 PTN atau PTS di Indonesia," ujar Ahmad

Ahmad menjabarkan, hingga 17 Oktober 2018, tercatat jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa dalam bentuk tabungan sebanyak 3.357 mahasiswa. Sedangkan sisanya, 1.787 mahasiswa, sedang dalam proses pencairan yang diprediksi akan diterima pada akhir Oktober 2018.

"Kami berharap kelak para mahasiswa menjadi lulusan unggul berkarakter, tangguh, serta peduli masalah sosial, budaya, dan lingkungan," harap Ahmad.

Menurut Ahmad, beasiswa pendidikan akan diberikan juga untuk mahasiswa korban bencana di daerah lain. "Kemenristekdikti juga akan memberikan bantuan serupa untuk mahasiswa korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu," jelasnya



loading...