Skip to main content

5 Kesalahan Berdandan yang Akibatkan Jerawat Serius

5 Kesalahan Berdandan yang Akibatkan Jerawat Serius
Ilustrasi tumbuhnya jerawat. (INT/Hello Magazine)

KABAR.NEWS - Disadari atau tidak, merias wajah atau berdandan justru semakin memicu berkembangnya jerawat di wajah Anda. Apalagi jika merias wajah adalah rutinitas dan dilakukan oleh Anda secara berlebihan.


Baca juga:

Tapi, bukan saja karena bahan kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit wajah Anda, namun menurut berbagai pakar dermatologis dan para ahli perias wajah, ternyata alat perias wajah seperti kuas dan sejenisnya berpotensi memediasi bakteri pemicu jerawat.

Dikutip dari Womens Health, berikut ini 5 kesalahan merias wajah yang mengakibatkan perkembangan jerawat di wajah Anda:

1. Menggunakan Bahan Dasar yang Salah

Secara teknis, kebanyak make up memicu jerawat, itu dikarenakan dasar rias wajah itu selaput pori-pori kulit, yang membantu berkembangnya bakteri benih jerawat.

Lortscher menyarankan penggunaan bahan rias sebaiknya tidak mengandung comedogenic,  hypoallergenic, atau bahan dasar rias yang bisa mengurangi iritasi kulit atau tertutupnya pori-porit.

2. Menutup Jerawat Dengan Tebalnya Bedak

“Banyak pasien saya menutupi jerawat mereka dengan alas bedak tebal, dan itu sesungguhnya justru memperlambat proses penyembuhan dan berpotensi menyebabkan iritasi lebih lanjut,” kata  Profesor Klinis Dermatologi dan Dermatopatologi dan pencipta Cane + Austin, Craig Austin. 

Menurut Austin, ketika udara tidak bisa sampai ke jerawat, sebenarnya Anda mencegahnya dari proses penyembuhan. Oleh karena itu, Austin menyarankan Anda jangan merias wajah dengan berlebihan sebelum jerawat pulih. Jika jerawat di wajah Anda kebetulan pecah, harusnya Anda berhenti menggunakan sembarang bahan dasar make up karena itu dapat menutup pori-pori dan menyebabkan iritasi.


3. Merias Wajah dengan Jari

Menurut Profesor Austin, salah satu penyebab jerawat dikarenakan Anda terbiasa menggunakan jari-jari saat merias wajah. Sedangkan di jari-jari Anda, membawa banyak kuman dan dapat memicu iritasi kulit. Sebagai gantinya, kata Austin, gunakan kuas riasan atau spons untuk merias wajah, dan bersihkan secara teratur.


5 Kesalahan Berdandan yang Akibatkan Jerawat Serius
shutterstock

4.  Menggunakan Alat Rias yang Tidak Dirawat

Jika Anda tidak rutin mencuci kuas makeup dan alat-alat rias lainnya, itu bisa menjadi penyebab timbul dan berkembangnya jerawat di wajah Anda.
"Coba Bayangkan saja: Kuas basah adalah tempat berkembang biak bagi bakteri, dan jika Anda mengoleskan di wajah Anda hari demi hari"

Penata rias selebriti dan pendiri lini kosmetik alami PEEK Beauty, Cristina Bartolucci, menjelaskan tata cara membersihkan kuas makeup dengan benar. Menurutnya merawat kuas makeup "ibarat merawat rambut di Anda sendiri".

Bartolucci memberi tips untuk sebaiknya, mencuci kuas dan alat makeup lainnya minimal sekali seminggu. Sementara untuk spons makeup, Bartolucci menyarankan agar dicuci dengan sabun dan air panas dan peras hingga airnya bersih.

5. Membersihkan Rias Tidak Cukup Hanya Mencuci Wajah 

Tidak cukup hanya menggunakan tisu pembersih untuk menghapus riasan di malam hari. "Sangat penting untuk sepenuhnya menghapus riasan sebelum tidur, terutama jika Anda memiliki riasan penuh di wajah," jelas Joshua Zeichner, dokter kulit dan direktur penelitian kosmetik dan klinis.

“Pada siang hari, kotoran dan minyak dapat terperangkap di bawah riasan yang tebal, meningkatkan risiko Anda untuk terserang.” Zeichner menyarankan untuk mengganti lap pembersih Anda dengan riasan penghapus makeup, atau melakukan pembersihan ganda sebelum tidur.



loading...