47 Kades di Sinjai Diberhentikan dari Jabatannya

Habis masa jabatan

47 Kades di Sinjai Diberhentikan dari Jabatannya
Bupati Kabupaten Sinjai Andi Seto Asapa (kiri) menyerahkan SK pengangkatan penjabat kepala desa. (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Sinjai - Sebanyak 47 orang Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Sinjai, Sulsel, resmi diberhentikan oleh Bupati Andi Seto Gadhista Asapa dan menunjuk penjabat yang baru, berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai,  Selasa (13/7/2021).


Pemberhentian Kades ini ditetapkan melalui keputusan Bupati Sinjai berdasarkan pasal 40 ayat undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai A. Hariyani Rasyid mengatakan 47 Kades yang diberhentikan karena masa jabatannya selesai.


"Selain diserahkan SK pemberhentian Kepala Desa yang berakhir masa jabatannya, acara ini juga dilakukan penyerahan surat keputusan pengangkatan 47 penjabat Kepala Desa pada hari ini sehingga total penjabat di Kabupaten Sinjai sebanyak 53 orang," jelasnya. 


Seto sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian dan dedikasinya selama ini yang membangun desa serta bersinergi dengan pemerintah daerah guna membangun Kabupaten Sinjai dalam mewujudkan program visi misi Pemkab tahun 2018-2023.


"Selama 6 tahun masa jabatan kepala desa periode 2015-2021 tentu telah begitu banyak penghargaan yang telah diterima, oleh karena itu saya selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai mengapresiasi atas capaian prestasi yang telah ditorehkan oleh bapak dan ibu kepala desa selama menjabat kepala desa," ujarnya. 


Kepada penjabat Kades yang diberikan amanah, Seto berharap dapat membangun kompetensi dan integritas sesuai dengan tuntutan supaya tugas dapat dilaksanakan dengan baik serta mampu menjadi penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa. 


"Kepada saudara harus memahami betul regulasi desa mulai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa sampai turunannya yakni Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri Dalam Negeri, serta Peraturan Menteri Desa agar dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan ketentuan yang berlaku," imbuhnya. 


Sementara itu Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)  Kabupaten Sinjai A. Azis Soi menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sinjai dan stakeholder lainnya yang memberikan sukungan aehingga Apdesi bekerja lebih profesional. 


"Pengurus Apdesi memberikan dukungan kepada bapak Bupati Sinjai agar melakukan pilkades serentak tahun ini. Kami tetap solid mengawal pemerintahan meski tidak aktif lagi di wilayah masing-masing," jelasnya. 


Kegiatan ini dirangkaikan pula dengan pemberian penghargaan atas peningkatan status desa berdasarkan hasil pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM)  tahun 2021.


Penulis: Syarif/C