Skip to main content

4 Jam Anwar Bersepeda Sampai ke Puncak Bulusaraung

Anwar
Muhammad Anwar saat sampai ke Puncak Gunung Bulusaraung.(ist)

KABAR.NEWS, MAKASSAR - Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan, bahkan membuat badan lebih sehat. Apalagi melakukan kegiatan bersepeda atau gowes di akhir pekan, akan lebih menyenangkan karena bisa rehat sejenak dari segala aktivitas dan rutinitas kita sehari-hari yang kadang membuat kita merasa jenuh.

 

Biasanya orang-orang lebih suka bersepeda dengan mengelilingi kota di pagi atau sore hari saat weekend, sambil menghabiskan waktu libur diakhir pekan.

 

Namun beda halnya dengan yang dilakukan seorang pria bernama Muhammad Anwar. Ia melakukan gowes bukan di jalan raya, tapi di Gunung Bulusaraung yang terletak di Kabupaten Pangkep.

 

Muhammad Anwar melakukan gowesnya ke gunung yang terletak di Desa Tompo Bulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (20/10/2019).


Bukan hal yang mudah bagi pria berumur 47 tahun itu untuk sampai ke puncak dengan menggunakan sepedanya. Sebab jalur menuju puncak Gunung Bulusaraung dipenuhi oleh bebatuan dengan medan yang cukup terjal.

 


Anwar Chifa, sapaan akrabnya, mengaku butuh waktu sekitar 4 jam perjalanan untuk sampai ke Puncak Gunung Bulusaraung.

"Saya start dari tempat registrasi mulai pukul 10:00 dan sampai di puncak sekitar pukul 13:45 Wita," kata Anwar saat dikonfirmasi Kabar.News, Senin (21/10/2019).

 

Suami dari Kasifah itu mengatakan, kegiatan bersepeda hingga ke puncak Gunung Bulusaraung dilakukannya hanya ingin mencari sebuah tantangan.

 

"Biasanyakan bersepada cuman di jalan jadi sekarang coba lagi yang ada tantangannya," ucap pria Kelahiran Maros 1972 itu.

 

Melakukan pendakian dengan membawa sepeda di Gunung Bulusaraung ternyata bukan kali pertama bagi ayah 5 orang anak itu. Pasalnya, dia pernah melakukannya 2 tahun yang lalu tepatnya tanggal 24 Mei 2017.

 

Selain itu, saat ditanya apakah akan melakukan pendakian lagi dengan membawa sepeda di gunung yang berbeda, Anwar menuturkan belum bisa memastikan karena terkendala dengan izin di tempat kerjanya.

 

"Saat ini belum, karena terkendala izin karena saya bisanya cuman weekend saja karena ke sini (Gunung Bulusaraung) bisa karena jaraknya tidak terlalu tinggi jadi bisa pulang pergi," pungkasnya. 

 

Pria yang bekerja sebagai karyawan swasta itupun merupakan anggota Salewangan Cycle Club Maros, Komutinatas Sepeda Lipat Makasaar (Slim ).

 

Sekedar informasi, Gunung Bulusaraung merupakan Gunung yang terletak di Sulawesi Selatan tepatnya berada di antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Maros. Namun letak pas gunung Bulusaraung berada di Kecamatan Balocci Desa Tompo Bulu.

 

Gunung Bulusarung memiliki Ketinggian 1353 Meter di atas permukaan laut (Mdpl). Dengan ketinggian yang terbilang rendah, namun untuk bisa tembus ke puncak bisa menghabiskan waktu 4-5 jam dengan standar pendaki biasa.


Darsil Yahya / cp /A
 

 

loading...